I made this widget at MyFlashFetish.com.

Tuesday, January 8, 2013

Posisi tangan ketika takbir, ketika akan rukuk dan ketika bangun dari rukuk adalah diangkat yang tinggi sejajar dengan pundak.
Bapak Muntaha, S.Ag, S.Pd

عن سالم عن أبيه قال: رأيت رسول الله صلعم إذا إفتتح الصلاة رفع يديه حتّى يحاذي منكبيه وقبل أن يركع. وإذا رفع من الركوع. ولا يرفعهما بين السجدتين (رواه بخارى ومسلم)
Bersumber dari Salim dari ayahnya ia berkata: Aku melihat Rasulullah saw apabila memulai sholat beliau mengangkat kedua tanganya sampai sejajar dengan pundaknya, begitupula ketika akan rukuk dan apabila bangun dari rukuk. Dan beliau tidak mengangkat kedua tanganya diantara dua sujud. (HR. Bukhori Muslim)

Penjelasan:
Ada 4 gerakan dalam sholat yang harus kita perhatikan secara khusus saben-saben ndewek nglakoni sembahyang. 4 gerakan kolowau enggemeniko: 1. Gerakan takbirotul ikhhrom 2. Gerakan naliko bade rukuk. 3. Gerakan sakwise bangun dari rukuk 4. Gerakan dua sujud. Nek ngono berarti wong islam sing sembahyang iku kudu ngerti patang gerakan kolowau enggemeniko 1. Gerakan takbirotul ikhhrom 2. Gerakan naliko bade rukuk. 3. Gerakan sakwise bangun dari rukuk 4. Gerakan dua sujud
Sakmarine ndewek wes iso ngerteni patang gerakan kolowau banjur sing perlu diamalno dalam masing-masing gerakan enggemeniko ngatur posisi tangan. Posisi tangan dalam gerakan pertama kudu diangkat, posisi tangan dalam gerakan kedua  kudu diangkat, posisi tangan dalam gerakan ketiga kudu diangkat trus posisi tangan dalam gerakan ke empat gak usah diangkat. Sing dadi pelajaran kanggone ndewek kapan posisi tangan dalam gerakan pertama, dalam gerakan kedua, dalam gerakan ketiga kudu diangkat maka seberapa tingginya tangan kita harus kita angkat dalam ketiga gerakan tersebut. Maka tolak ukurnya disini hanya satu kiblatnya enggemeniko ngewerohi sepiro duwure Rasulullah mengangkat tanganya ingnalikane beliau takbirotul ikhrom, ingnalikane beliau akan rukuk lan ingnalikane beliau bangun dari rukuk.
Maka dalam hadist ini diterangkan dengan jelas bele Rasulullah kapan sholat Rasulullah mengangkat kedua tanganya yaitu diangkat tingginya sejajar dengan pundaknya dalam 3 gerakan enggemeniko gerakan takbirotul ikhrom tanganya diangkat sejajar dengan pundaknya, gerakan akan rukuk tanganya diangkat sejajar dengan pundaknya, dan gerakan bangun dari rukuk tanganya juga diangkat sejajar dengan pundaknya. Adapun dalam gerakan sujud Rasulullah saw mboten usah mengangkat kedua tanganya.
Lah nek kapan carane ngangkat tangan diangkat sejajar dengan pundak Rasulullah nyontoni dalam praktek sholat mongko aturan utowo totocoro singkoyok ngene iki sing tak maksud aturan pathok bangkrong. Aturan pathok bangrong maksute kapan ndewek sholat berarti yo kudu ngono carane. Mergo Rasulullah iku ngono berarti ndewek yo kudu ngono. Lha supoyo sholate ndewek iku iso podo karo sholate Rasulullah gak ono mane dalane yo kejobo sampeyan kudu gelem ngaji ingkang kados mekaten. Insya Allah sampeyan sampun faham oh ngono ta carane. Lah nek kapan ngono carane yo mene tak trapne enggemeniko kedua tangan diangkat sejajar dengan pundak dalam tiga gerakan enggemeniko gerakan takbirotul ikhrom, gerakan akan rukuk, dan gerakan bangun dari rukuk. Sepertinya itu yang dimaksud hadis yang saya baca semoga bisa kita amalkan. amin

No comments:

Post a Comment