MENGAJAK ANAK KECIL KE MASJID HUKUMNYA BOLEH MENURUT SYARIAT ISLAM
Oleh Bapak Muntaha,S.Ag, S.Pd
عن أبي قتادة الأنصاريّ قال: رأيت
النّبيّ صلعم يؤمّ النّاس وأمامة بنت أبى العاص وهي ابنة زينب بنت النّبيّ صلعم
على عاتقه فإذا ركع وضعها وإذا رفع من السجود أعادها (رواه مسلم)
Bersumber
dari Abu Qotadah Al-Anshori ia berkata: Aku melihat Nabi saw sedang menjadi
imam sembahyang bagi manusia sementara Umamah binti Abu Al-ash yakni puteri
Zaenab binti Nabi saw berada dipundak beliau. Apabila beliau rukuk beliau
menurunkan Umamah dan apabila beliau bangkit dari sujud beliau menggendongnya
lagi (HR.Muslim)
Penjelasan:
Hadist meniko kulo paring tema enggemeniko “mengajak anak kecil ke masjid
hukumnya boleh menurut syariat islam”. Dalam kata lain menawi sampean kesah
sholat jamaah ke masjid banjur gowo anak cilik mongko perbuatan ingkang kados
mekaten meniko mboten dipun larang deneng islam tapi malah dipun contoni deneng
Rosulullah saw. Kasus Rosulullah saw membawa anak kecil ke masjid padahal
beliau saat itu menjadi imam sholat untuk orang banyak berarti perbuatan
Rosulullah itu menunjukkan bahwa hukum membawa anak kecil ke masjid saat sholat
itu tidak dilarang tapi diperbolehkan. Pramilo sakeng meniko takmir masjid
mboten angsal nglarang jamaah sholat ingkang betoh anak kecil ke masjid jalaran
prilaku ingkang kados mekaten itu sudah pernah terjadi di zaman Rosulullah saw
dan bahkan Rosulullah saw sendiri ingkang memplopori membawa anak kecil ke
masjid.
Bocah
cilik ingkang dipun betoh Nabi kesah masjid meniko naminipun Umamah putrinipun
Zaenab. Zaenab putrinipun Nabi nek ngono berarti bocah cilik mau pernah putu
alias putune Nabi saw. Nabi dadi imam sholat kok iso gowo bocah cilik kepiye
carane. Menurut keterangan hadis kolowau bocah cilik kolowau dipun gendong
ateges Nabi ngimami sholat karo gendong bocah cilik. Sebab ngendong bocah cilik
nek kapan Nabi rukuk mongko bocah cilik mau dipun turunkan dari gendonganya dan
apabila Nabi bangkit dari sujud atau dalam posisi berdiri maka bocah cilik
kolowau dipun gendong kembali dan begitulah seterusnya. Dari sini
mengisyaratkan menawi sampean gowo bocah cilik saat sembahyang banjur bocah
cilik mau nangis mongko supoyo bocah cilik mau meneng songko nangise sampean
gendong sebab ngendong bocah cilik sambil sembahyang itu hukumnya syah karena
hal itu pernah dilakukan oeleh Nabi. Prilaku Nabi yang seperti ini bila
dikaetkan dengan hukum fiqih maka melahirkan sebuah hukum boleh hukumnya
menggendong anak kecil dalam sembahyang atau boleh hukumnya membawa anak kecil
saat sembahyang. Jadi kesimpulanya anak kecil tidak dilarang masuk masjid
menurut syariat islam. Kiranya seperti itu yang dimaksud hadist yang saya baca
semoga bisa kita fahami untuk diamalkan bersama. Sekian trimakasih wassalam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar