I made this widget at MyFlashFetish.com.

Jumat, 02 Agustus 2013

MENGAJAK ANAK KECIL KE MASJID HUKUMNYA BOLEH MENURUT SYARIAT ISLAM


Oleh Bapak Muntaha,S.Ag, S.Pd
عن أبي قتادة الأنصاريّ قال: رأيت النّبيّ صلعم يؤمّ النّاس وأمامة بنت أبى العاص وهي ابنة زينب بنت النّبيّ صلعم على عاتقه فإذا ركع وضعها وإذا رفع من السجود أعادها (رواه مسلم)
Bersumber dari Abu Qotadah Al-Anshori ia berkata: Aku melihat Nabi saw sedang menjadi imam sembahyang bagi manusia sementara Umamah binti Abu Al-ash yakni puteri Zaenab binti Nabi saw berada dipundak beliau. Apabila beliau rukuk beliau menurunkan Umamah dan apabila beliau bangkit dari sujud beliau menggendongnya lagi (HR.Muslim)
Penjelasan: Hadist meniko kulo paring tema enggemeniko “mengajak anak kecil ke masjid hukumnya boleh menurut syariat islam”. Dalam kata lain menawi sampean kesah sholat jamaah ke masjid banjur gowo anak cilik mongko perbuatan ingkang kados mekaten meniko mboten dipun larang deneng islam tapi malah dipun contoni deneng Rosulullah saw. Kasus Rosulullah saw membawa anak kecil ke masjid padahal beliau saat itu menjadi imam sholat untuk orang banyak berarti perbuatan Rosulullah itu menunjukkan bahwa hukum membawa anak kecil ke masjid saat sholat itu tidak dilarang tapi diperbolehkan. Pramilo sakeng meniko takmir masjid mboten angsal nglarang jamaah sholat ingkang betoh anak kecil ke masjid jalaran prilaku ingkang kados mekaten itu sudah pernah terjadi di zaman Rosulullah saw dan bahkan Rosulullah saw sendiri ingkang memplopori membawa anak kecil ke masjid.
Bocah cilik ingkang dipun betoh Nabi kesah masjid meniko naminipun Umamah putrinipun Zaenab. Zaenab putrinipun Nabi nek ngono berarti bocah cilik mau pernah putu alias putune Nabi saw. Nabi dadi imam sholat kok iso gowo bocah cilik kepiye carane. Menurut keterangan hadis kolowau bocah cilik kolowau dipun gendong ateges Nabi ngimami sholat karo gendong bocah cilik. Sebab ngendong bocah cilik nek kapan Nabi rukuk mongko bocah cilik mau dipun turunkan dari gendonganya dan apabila Nabi bangkit dari sujud atau dalam posisi berdiri maka bocah cilik kolowau dipun gendong kembali dan begitulah seterusnya. Dari sini mengisyaratkan menawi sampean gowo bocah cilik saat sembahyang banjur bocah cilik mau nangis mongko supoyo bocah cilik mau meneng songko nangise sampean gendong sebab ngendong bocah cilik sambil sembahyang itu hukumnya syah karena hal itu pernah dilakukan oeleh Nabi. Prilaku Nabi yang seperti ini bila dikaetkan dengan hukum fiqih maka melahirkan sebuah hukum boleh hukumnya menggendong anak kecil dalam sembahyang atau boleh hukumnya membawa anak kecil saat sembahyang. Jadi kesimpulanya anak kecil tidak dilarang masuk masjid menurut syariat islam. Kiranya seperti itu yang dimaksud hadist yang saya baca semoga bisa kita fahami untuk diamalkan bersama. Sekian trimakasih wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar