I made this widget at MyFlashFetish.com.

Sabtu, 09 November 2013

Doa yang dibaca antara takbirotul ihrom dan bacaan al-fatehah dalam sholat


kuliah subuh ke 108 oleh bapak Muntaha,S.Ag, S.Pd

عن أبي هريرة قال: كان رسول الله صلعم إذا كبّر في الصلاة سكت هنيّة قبل أن يقرأ فقلت يارسول الله بأبى أنت وأمّى أرأيت سكوتك بين التّكبيروالقراءة ما تقول ؟ قال أقول: اللهمّ باعد بيني وبين خطاياي كما باعدت بين المشرق والمغرب. اللهمّ نقّنى من خطاياي كما ينقّى الثّوب الأبيض من الدّنس. اللهمّ إغسلنى من خطاياي بالثّلج والماء والبرد (رواه مسلم)
Bersumber dari Abu Huroiroh dia berkata: Rosulullah saw manakala habis melakukan takbir beliau diam sebentar sebelum membaca surat al-fatehah. Aku bertanya Ya Rosulullah Demi bapak dan ibuku beritau aku mengenai diam anda antara takbir dan membaca surat al-fatehah, apa yang anda baca? Beliau menjawab: aku membaca doa: Ya Allah jauhkanlah antara aku dan dosa-dosa seperti engkau jauhkan antara timur dan barat. Ya Allah bersihkanlah aku dari dosa-dosa seperti baju putih yang telah dibersihkan dari kotoran. Ya Allah sucikanlah aku dari dosa-dosaku dengan es dan air yang sejuk. HR.Muslim
Penjelasan: Rosulullah saw sakmarine takbirotul ikhrom beliau meneng atau beliau diam sebentar sakdurunge moco surat al-fatehah. Ateges sakmarine takbirotul ikhrom Rosulullah saw  meneng disek banjur mari meneng Rosulullah lagek moco surat al-fatehah. Ing nalikane Rosulullah meneng antarane takbirotul ikhrom dan bacaan surat al-fatehah Rosulullah meniko moco dongo ingkang dongo kolowau diwoco kanti siri sehinggo poro sahabat mboten kepireng lan gak ngerti kiro-kiro dongo opo ingkang dipun waos deneng Rosulullah saw kolowau. Pramilo sakeng meniko sakmarine Rosulullah salam songko sholat banjur ono sahabat ingkang takon. Rosulullah kulo bade takon. Sakmarine takbirotul ikhrom lan sakdurunge moco surat al-fatehah sampean wau meneng moco dongo kiro-kiro dongo opo ingkang sampean woco? Kulo kepengen semerap. Banjur Rosulullah saw menjawab: aku membaca doa :
اللهمّ باعد بيني وبين خطاياي كما باعدت بين المشرق والمغرب. اللهمّ نقّنى من خطاياي كما ينقّى الثّوب الأبيض من الدّنس. اللهمّ إغسلنى من خطاياي بالثّلج والماء والبرد
Ya Allah jauhkanlah antara aku dan dosa-dosa seperti engkau jauhkan antara timur dan barat. Ya Allah bersihkanlah aku dari dosa-dosa seperti baju putih yang telah dibersihkan dari kotoran. Ya Allah sucikanlah aku dari dosa-dosaku dengan es dan air yang sejuk.    Inilah yang disebut dengan doa iftitah yang harus kita baca setelah takbirotul ikhrom dalam tiap-tiap sholat. Hokum membacanya sunat karena waktu sahabat bertanya berarti sahabat waktu itu tidak membacanya tapi Rosulullah tidak menyuruh mengulangi sholat kembali. Seandainya membaca doa iftitah itu wajib tentu Rosulullah menyuruh mereka mengulangi sholatnya kembali. Sekian trimaksih.wass.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar