I made this widget at MyFlashFetish.com.

Jumat, 29 Maret 2013

Keutamaan panggilan adzan untuk sholat berjamaah
Bapak Muntaha, S.Ag, S.Pd

عن أبي هريرة أنّ رسول الله صلعم قال: لو يعلم الناس ما في النّداء ثمّ لم يجدوا الاّ أن يستهموا عليه لاستهموا

Bersumber dari Abu Huroiroh bahwa Rosulullah saw pernah bersabda: andaikata orang-orang tahu apa yang terdapat dalam panggilan adzan kemudian mereka tidak mendapatkanya kecuali dengan cara diundi diantara mereka pasti mereka mau mengundinya.

Penjelasan:
 Hadist meniko kulo paringi tema engge meniko keutamaan panggilan adzan untuk sholat berjamaah. Dalam pelaksanaan sholat berjamah meniko selalu dipun tandai kalean panggilan adzan. Sholat berjamaah subuh sebelumnya ditandai dulu dengan panggilan adzan subuh. Sholat berjamaah dhuhur sebelumnya ditandai dulu dengan panggilan adzan dhuhur. Sholat berjamaah asar  sebelumnya ditandai dulu dengan panggilan adzan asar. Sholat berjamaah maghrib  sebelumnya ditandai dulu dengan panggilan adzan maghrib. Dan Sholat berjamaah isyak sebelumnya ditandai dulu dengan panggilan adzan isyak. Dengan demikian berarti ada panggilan adzan untuk sholat subuh. Ada panggilan adzan untuk sholat dhuhur. Ada panggilan adzan untuk sholat asar. Ada panggilan adzan untuk sholat maghrib. Dan ada panggilan adzan untuk sholat isyak. Menawi wonten panggilan adzan untuk sholat subuh berarti ndewek meniko dipun panggil deneng gusti Allah engge meniko dipun panggil supados dugi wonten ing masjid kaperlu sholat subuh. Menawi wonten panggilan adzan untuk sholat dhuhur berarti ndewek meniko dipun panggil deneng gusti Allah engge meniko dipun panggil supados dugi wonten ing masjid kaperlu sholat dhuhur. Menawi wonten panggilan adzan untuk sholat asar berarti ndewek meniko dipun panggil deneng gusti Allah engge meniko dipun panggil supados dugi wonten ing masjid kaperlu sholat asar. Menawi wonten panggilan adzan untuk sholat maghrib berarti ndewek meniko dipun panggil deneng gusti Allah engge meniko dipun panggil supados dugi wonten ing masjid kaperlu sholat maghrib. Lan Menawi wonten panggilan adzan untuk sholat isyak berarti ndewek meniko dipun panggil deneng gusti Allah engge meniko dipun panggil supados dugi wonten ing masjid kaperlu sholat isyak.
Berarti ndewek meniko sedino sewengi dipanggil deneng gusti Allah kathae ping gangsal. Trus kapan ndewek meniko dipanggil gusti Allah ping limo kiro-kiro iso nekani ping piro? Dipanggil ping limo kadang2 ono sing iso nekani kabeh. Dipanggil ping limo kadang2 ono sing iso nekani papat. Dipanggil ping limo kadang2 ono sing iso nekani telu. Dipanggil ping limo kadang2 ono sing iso nekani loro. Dipanggil ping limo kadang2 ono sing iso nekani siji. Lan Dipanggil ping limo kadang2 ono sing gak iso nekani babar blas. Sedoyo kalowau tergantung imane piyambak2. Sopo2 sing dipanggil ping limo banjur iso nekani ping limo yo berarti wong iku mau wong sing paling kuat imane. Kosok walik’e sopo2 sing dipanggil ping limo banjur oro iso nekani babar blas yo berarti wong iku mau wong sing paling lemah imane. Gandeng kalian maksud hadis lamun gusti Allah manggil melalui panggilan adzan mongko nang kono ono ganjaran gede. Mongko lamun ganjaran gewe kolowau langsung disudohno utowo langsung diketokno karo gusti Allah mongko wong sing nekani panggilan adzan bakal antri, mongko wong sing nekani panggilan adzan bakal rabutan, mongko wong sing nekani panggilan adzan bakal gemolong, mongko wong sing nekani panggilan adzan bakal berbondong2, tapi jalaran ganjaran gede kolowau boten langsung diketokno karo gusti Allah akibate akeh wong sing gak patio ngreken panggilane gusti Allah. Menungso akeh seng luwih ngreken panggilan pejabat katimbang panggilane gusti Allah. Padahal karepe gusti Allah pok podo rebutan nekani panggilan adzan sebab sampean tak sediakno ganjaran sing gede. Kiranya itulah maksud hadis semoga bisa kita pratekkan. Sekian wassalam.













Jumat, 22 Maret 2013

Keutamaan barisan yang pertama dalam sholat berjamaah


Bapak Muntaha, S.Ag, S.Pd 
عن أبي هريرة أنّ رسول الله صلعم قال: لو يعلم الناس ما في الصّفّ الأوّل ثمّ لم يجدوا الاّ أن يستهموا عليه لاستهموا

Bersumber dari Abu Huroiroh bahwa Rosulullah saw pernah bersabda: andaikata orang-orang tahu apa yang terdapat didalam shof yang pertama kemudian mereka tidak mendapatkanya kecuali dengan cara diundi diantara mereka pasti mereka mau mengundinya.


Penjelasan:
 Hadist meniko kulo paringi tema engge meniko keutamaan barisan yang pertama dalam sholat berjamaah. Adapun penjelasanya sebagai berikut: dalam pelaksanaan sholat berjamah itu terdiri dari beberapa shaf atau terdiri dari beberapa barisan sholat. Jamaah sholat subuh, jamaah sholat dluhur, jamaah sholat asar, jamaah sholat maghrib dan jamaah sholat isyak jumlah barisanya berbeda-beda. Berbeda-beda ateges jamaah sholat subuh kadang-kadang terdiri dari 4 baris. Jamaah sholat dhuhur kadang-kadang terdiri dari 2 baris. Jamaah sholat ashar kadang-kadang terdiri-dari 1 baris. Jamaah sholat maghrib kadang-kadang terdiri dari 6 baris dan jamaah sholat isyak kadang-kadang terdiri dari 3 baris. Dari kelima pelaksanaan kegiatan sholat berjamah mulai dari sholat subuh, sholat dhuhur, sholat asar, sholat maghrib dan sholat isyak maka barisan yang paling banyak adalah barisan dalam sholat maghrib ialah 5 sampai dengan 6 baris.
Sesuai dengan maksud hadist yang saya baca ternyata barisan nomer satu berbeda dengan barisan nomer dua. Barisan nomer dua berbeda dengan barisan nomer tiga. Barisan nomer tiga berbeda dengan barisan nomer empat dan seterusnya. Sekarang berbeda apanya. Ialah berbeda besar pahalanya. Berbeda besar pahalanya ateges barisan yang pertama itu pahalanya lebih besar dibanding  dengan barisan yang kedua. Barisan yang kedua pahalanya lebih besar dibanding  dengan barisan yang ketiga dan seterusnya. Tapi sayang pahala yang ditaruh dalam urut-urutan barisan tersebut tidak dapat dilihat oleh mata kita sehingga seolah-olah biasa-biasa saja. Padahal kata Nabi saumpomo gedene ganjaran nanggone barisan yang pertama iku diketokno karo gusti Allah mesti wong islam podo rebutan kepingin ngenggoni panggonan ing barisan pertama. Sebab sak anane wong kepingin panggonan ono ing barisan pertama padahal jatah panggonan pada barisan pertama itu terbatas mongko wong-wong mau siap diundi dalam rangka untuk mencapai pada barisan yang pertama.
Trus kapan Nabi Muhammad ngemei gambaran sing koyok ngene opok’o wong islam kok gak rebutan untuk mendapatkan barisan yang pertama? Sabda Nabi yang artinya andaikan orang-orang tahu pahala yang terdapat dalam barisan yang pertama tentu mereka akan berebut mendapatkanya walaupun dengan cara diundi. Ini berarti secara tidak langsung Nabi memberi kesempatan kepada kita agar kalau kita sholat berjamaah usahakan posisi kita berada pada posisi barisan yang pertama karena dalam barisan yang pertama dalam sholat berjamaah itu pahalanya amat sangat besar artinya dalam barisan yang pertama itu dianggap barisan yang paling istimewa, barisan yang pertama itu dianggap barisan yang agung, barisan yang pertama itu dianggap barisan yang mulya, barisan yang pertama itu dianggap barisan yang paling besar pahalanya sehingga perlu direbut, perlu diraih, perlu dicapai, dan perlu ditempati posisinya. Berarti kalau kita pergi sholat berjamah target kita harus bisa menempati atau menduduki pada urutan barisan yang pertama. Jika berhasil maka itulah yang dikehendaki oleh Nabi. Oleh karena itu kalau kita masuk masjid jangan disia-siakan barisan pertama rebutlah raihlah capailah dan penuhilah karena dalam barisan yang pertama ada pahala besar yang menjamin kita jauh akan lebih menjadi orang yang beruntung dibanding dengan barisan kedua ketiga keempat dan seterusnya. Sekian trimakasih wassalam.

Minggu, 17 Maret 2013

Perintah meluruskan shaf dan merapatkan barisan sholat


Bapak Muntaha, S.Ag, S.Pd 
عن أنس بن مالك قال: قال رسول الله صلعم سوّوا صفوفكم فإنّ تسوية الصفّ من تمام الصّلاة

Bersumber dari Anas bin Malik ia berkata: Rasulullah saw pernah bersabda: Luruskanlah shaf-shafmu karena sesungguhnya meluruskan shaf itu termasuk kesempurnaan sholat.

Penjelasan:
Rasulullah saw menawi bade ngimami sholat beliau selalu mengingatkan makmumnya supaya meluruskan dan merapatkan barisan sholat. Hal ini dapat kita ketahui dari sabda beliau yang artinya: luruskanlah shaf-shafmu karena sesungguhnya meluruskan shaf itu termasuk kesempurnaan sholat. Jadi kaitanya dengan sholat berjamaah Rasulullah saw menyuruh atau memerintahkan kita supaya kita senantiasa meluruskan shaf atau meluruskan barisan sholat. Disamping barisan sholat itu lurus juga harus rapat. Nopo sebape Rasulullah saw memerintah kito supados kito meniko nglurusno lan ngrapetno barisan sholat. Jawabe engge meniko Sebab sempurnane sholat ndewek iku tergantung barisane. Menawi barisane lurus lan rapet oh mongko iku pertondo sholat ndewek iku sholat sing sempurno. Kosok baline menawi sholat ndewek meniko barisane mboten lurus lan mboten rapet oh mongko iku pertondo sholat ndewek meniko dereng dipun anggap sebagai sholat ingkang sempurno ateges sholat ndewek meniko dereng sempurno. Lha kok diarani sholat ndewek durung sempurno opo sebabe yo iku mau sebab barisane gak lurus tur gak rapet. Dadi barisan sholat sing gak lurus lan gak rapet iku iso dadekno sholat ndewek mboten sempurno. Pramilo sakeng meniko menawi ndewek sholat berjamaah ayok dikencengno lan ayok dirapetno barisane supados sholat ndewek meniko dados sholat ingkang sempurno.
Kadang-kadang barisan sholat ndewek iku wis kenceng yo wis lurus tapi durung rapet utowo kurang rapet. Kurang rapet ateges barisan sholat ndewek meniko isek renggang isek rengo isek longgar utowo gampange ngomong isek kurang rapet. Lamon barisan ndewek isek kurang rapet yo praktek ngono iku sing dikarepno setan. Ateges setan dadi seneng sebab dia punya kesempatan bisa menggoda orang sholat disela-sela barisan sholat yang renggang tadi. Oleh karena itu rapatkan barisan sholat kita serapat-rapatnya supaya tidak ada peluang bagi setan untuk menggoda kita disaat kita sedang sholat.
Dalam kaitanya dengan barisan yang rapat dalam sholat kita sudah ditipu secara halus oleh orang yahudi lewat tikar atau sajadah yang mereka buat bagaimana caranya orang islam biar barisan sholatnya tidak rapat maka sajadah sholat mereka buat dengan satu porsi satu porsi. Setiap satu porsi dimaksudnya untuk satu orang dan antara satu porsi dengan porsi lainya diberi jarak antara 10 sampai 20 centi meter. Nanti kalau orang islam sholat dengan menggunakan sajadah yang meraka buat pasti barisanya tidak bisa rapet karena antara satu dengan lainya diberi jarak 10 sampai 20 centi meter. Inilah kelicikan mereka dalam upaya bagaimana barisan sholat orang islam bisa rusak sehingga sholat orang islam juga ikut rusak. Pramilo sakeng meniko lewat kuliah subuh ini saya ingin menghimbau kepada semua jamaah supaya kalau kita sholat berjamah tidak usah menghiraukan batas orang sholat antara satu dengan lainya dalam sajadah. Meskipun disitu ada batasnya rapatkan saja barisan kita tidak usah menggunakan pedoman batas sajadah karena itu hanya tipu daya orang yahudi yang ingin merusak sholat kita melalui karyanya. Karna itu tikar sholat yang bagus itu tikar yang polos bukan yang bergambar. Semoga barisan sholat kita sudah rapat dan itulah yang dikehendaki oleh islam .sekian semoga bisa kita fahami amin.

Jumat, 08 Maret 2013

Perintah supaya menyempurnakan shaf dan saling merapatkan serta meluruskan barisanya

Bapak Muntaha, S.Ag, S.Pd 
عن جابر بن سمرة قال: خرج علينا رسول الله صلعم فقال: ألا تصفّون كما تصفّ الملائكة عند ربّها؟ فقلنا يا رسول الله وكيف تصفّ الملائكة عند ربّها؟ قال يتمّون الصّفوف الأول ويتراصّون في الصّف (رواه المسلم)

Bersumber dari Jabir bin Samuroh ia berkata: Rasulullah saw keluar menemui kami dan bersabda: Tidak bisakah kalian berjajar seperti malaikat berjajar didepan Tuhan mereka? Kami bertanya wahai Rasulullah bagaimana para malaikat berjajar didepan Tuhan mereka? Beliau menjawab: mereka menyempurnakan shaf shaf yang depan dan saling merapat didalam shaf itu. HR.Muslim

Penjelasan:
Sesuai dengan tema hadist meniko engge meniko perintah menyempurnakan shaf atau perintah menyempurnakan barisan sholat yang didepan supaya dipenuhi terlebih dahulu sambil diluruskan dan dirapatkan barisanya. Dari sini dapat saya jabarkan sebagai berikut: kata kuncinya adalah barisan sholat harus dimulai dari shaf yang pertama kemudian shaf kedua kemudian shaf ketiga dan seterusnya sambil dirapatkan dan diluruskan. Ini berarti cara baris berbaris dalam sholat sudah diatur dalam islam kita tinggal mempraktekkan aturan-aturan tersebut. Sebelum hadist ini saya sampaikan secara pribadi saya belum mengamalkan isi hadist ini tapi setelah saya sampaikan saya akan berusaha mengamalkan isi hadist ini engge meniko mengisi barisan depan yang masih kosong sambil meluruskan dan merapat barisanya. Ing jaman Rasulullah saw barisan sholat meniko kurang teratur. Kurang teratur dalam arti barisan sholat sing nomer 1 gurung bek tapi wis gawe mane barisan sing nomer 2 barisan sing nomer 2 gurung bek banjur gawe mane barisan sing nomer 3 dan seterusnya. Banjur prilaku ingkang kados mekaten kolowau disindir kalean Nabi. Isi sindirane ngene: lhe sampean iku gak iso ta ngatur barisan koyok dene barisane malaikat. Malaikat iku kapan pek medep marang Tuhane, Malaikat iku kapan pek medep marang gusti Allah mesti barisane diatur mesti barisane ditoto yoiku ditoto urut dikawiti songko barisan pertama kemudian barisan kedua kemudian barisan ketiga dan seterusnya.Para sahabat bertanya kepada Nabi. Coba jelaskan kepada kami Nabi bagaimana caranya para malaikat berbaris ketika menghadap Tuhanya. Nabi menjawab: ketika para malaikat menghadap Tuhanya maka mereka berbaris seperti barisan sholat berjamaah yaitu dimulai dari barisan yang pertama kalau barisan yang pertama sudah penuh lalu membuat lagi barisan yang kedua kalau barisan yang kedua sudah penuh lalu membuat lagi barisan yang ketiga dan seterusnya sambil dirapatkan dan diluruskan.
Dari jawaban Nabi seperti ini maka dapat kita ambil sebagai pelajaran perihal aturan membuat shof atau membuat barisan untuk sholat berjamaah ialah barisan sholat berjamaah itu diatur sebagai berikut: mulailah dari barisan yang pertama, artinya barisan yang pertama ini harus penuh dulu, barisan yang pertama ini harus ful dulu, barisan yang pertama ini harus sempurna dulu, baru selanjutnya kita membuat barisan kedua. Nek ngono berarti ojo sampek gawe barisan sing kedua selagi barisan pertama isek gurung bek , ojo sampek gawe barisan sing kedua selagi barisan pertama isek gurung penuh, ojo sampek gawe barisan sing kedua selagi barisan pertama isek gurung sempurna. Engko kapan barisan pertama mau wis bek, Engko kapan barisan pertama mau wis penuh, Engko kapan barisan pertama mau wis sempurna, sempurna dalam arti barisane mau wis kenceng, barisane mau wis lurus barisane mau wis bek maka barulah dimulai membikin shaf yang kedua dan seterusnya. Itulah aturan shaf atau aturan barisan dalam sholat berjamaah. Kiranya seperti itu yang dimaksud hadist yang saya baca semoga bisa kita terapkan dalam kegiatan sholat kita sehari-hari. Sekian trim wassalam



Jumat, 01 Maret 2013

Larangan memandang ke langit didalam sholat


Bapak Muntaha, S.Ag, S.Pd 
عن أبي هريرة أنّ رسول الله صلعم قال: لينتهينّ أقوام عن رفعهم أبصارهم عند الدّعاء في الصلاة إلى السّماء أو لتخطفنّ أبصارهم
Bersumber dari Abu Huroiroh bahwa Rosulullah saw pernah bersabda: Sungguh para kaum itu hendaknya menghentikan pandangan mereka ke langit ketika berdoa didalam sholat atau pandangan mereka akan direnggut.

Penjelasan:
Hadist meniko menggambarkan bele umat islam dizaman Rosulullah saw meniko akeh wong sing podo sholat banjur wong mau ngarahno pandangan sholate menuju keatas langit. Wong2 mau podo nduwe penganggepan bele gusti Allah itu monggon dek langit. Sebab gusti Allah dianggep manggon ndek langit mongko nalikane dongo ing waktu sholat mereka mengarahkan pandanganya keatas langit dengan maksud agar doa doa mereka cepat bisa didengar oleh Allah swt. Munggoe wong-wong mau sholat dengan mengarahkan pandanganya ke atas langit itu dianggap cara yang tepat akan tetapi malah sebaliknya ternyata sholat dengan cara mengarahkan pandangan ke atas langit itu malah cara yang salah atau cara yang dilarang oleh islam.
Pelarangan ini langsung ditegaskan sendiri oleh Rosulullah saw melalui sabdanya: lhe wong islam sampean wingi sholat banjur nyawange ndangak menduwur iku ngono coro sing kliru. Gusti Allah ora mrintahno coro sing koyok ngono mulo songko iku mulai saiki sampean lereni sholat dengan cara mengarahkan pandangan ke atas langit utowo sampean lereni sholat dengan cara nyawang ndangak utowo sholat dengan cara nyawang menduwur. Rosulullah saw gak trimo ngongkon nglereni coro coro sholat dengan cara ndangak tapi Rosulullah malah ngancam utowo dongakno olo, titenono yo sampean wis tak elengno sampean wis tak kandani sing koyok ngene engko kapan sampan isek sholat karo ndangak utowo sholat karo nyawang menduwur mongko sampean tak dongakno mugo-mugo pandangan sampean itu tidak bisa kembali lagi ateges yo nyawang menduwur terus gak iso mbalik normal seperti biasanya.
Dari larangan mengarahkan pandangan keatas langit saat sedang sholat dan dari ancaman Rosulullah saw terhadap orang yang sholat dengan mengarahkan pandanganya keatas langit ini berarti Rosulullah sangat marah besar terhadap prilaku sholat yang tidak diajarkan Rosulullah tapi mereka lakukan dengan kehendaknya sendiri. Berarti sholat itu tidak boleh dilakukan atas dasar kehendaknya sendiri tetapi sholat itu harus dilakukan dengan contoh contoh dari Nabi saw. Wal hasil sholat kita harus kita upayakan persis sebagaimana cara-cara Nabi sholat.
Penjelasan ini memberikan pengertian terhadap pandangan yang benar saat kita berada dalam posisi sholat. Nek kapan ono wong sholat terus pandangane ndangak oh berarti wong mau gurung ngerti aturane bab mengarahkan pandangan dalam sholat. Pandangan sholat yang benar, pandangan sholat yang diajarkan oleh Rosulullah saw engge meniko pandangan yang diarahkan ke tempat yang akan kita buat sujud. Berarti nek ngono kapan ndewek sholat nyawange utowo madepe ora oleh ndangak ora oleh lurus tapi kudu madep kearah tempat sujud masing-masing. Trus nek kapan cara pandangan sholat wis diatur sing koyok ngene berarti kita tinggal mempraktekan, memperagakan, mengamalkan dan melaksanakan seperti itu yaitu kita harus mengarahkan pandangan kita ke tempat sujud bukan keatas langit. Kiranya seperti itu maksud hadist yang saya baca semoga bisa kita fahami untuk dipraktekkan dalam sholat kita sehari-hari. Sekian trimakasih wassalam.