Makruh hukumnya melakukan sholat sunat ketika muadzin sudah membaca iqomat
materi kuliah subuh ke 121 oleh Bapak Muntaha,S.Ag,S.Pd
عن أبي هريرة عن النبيّ صلعم قال: إذا أقيمت الصلاة
فلا صلاة إلاّ المكتوبة وعن إبن بحينة قال أقيمت صلاة الصبح فرأى رسول الله صلعم
رجلا يصلّى والمؤذّن يقيم فقال أتصلّى الصبح أربعا
Bersumber
dari Abu Huroiroh dari Nabi saw beliau bersabda: apabila sembahyang sudah
diiqomati maka tidak ada alasan sama sekali kecuali melakukan sembahyang
fardhu. Dan bersumber dari Ibnu Buhainah dia berkata: sembahyang subuh sudah
diiqomati namun Rosulullah saw melihat seorang lelaki masih melakukan
sembahyang sunat Rosulullah lalu bertanya apakah kamu akan melakukan sembahyang
subuh empat rokaat?
Penjelasan:
sembahyang sunnat dimasjid yang dilakukan pada saat muadzin sudah membaca
iqomat itu hukumnya makruh. Oleh sebab itu sampean harus mengerti bahwa fungsi
iqomat itu ada dua menurut dunia fiqih. Fungsi iqomat yang pertama adalah
sebagai tanda bahwa kegiatan sholat berjamah itu sudah siap dimulai. Kalau
belum ada iqomat maka berarti kegiatan sholat berjamaah itu belum siap dimulai.
Selanjutnya fungsi iqomat yang kedua adalah sebagai batas hukum yaitu hukum
sunat dan hukum makruh. Maksudnya sebagai batas hukum enggemeniko lamun sampean
sholat sunat sampean kerjakno sakdurunge iqomat mongko prilaku ingkang kados
mekaten meniko khukume sunat. Kosok walik’e lamun sampean sholat sunat sampean
kerjakno sakmarine iqomat mongko prilaku ingkang kados mekaten meniko khukume
makruh. Dadi podo2 sembahyange tapi bedo khukume. Sembahyang sunat sakdurunge
iqomat khukume sunat tapi sembahyang sunat sakmarine iqomat khukume makruh.
Mulo lamun muadzin sudah membaca iqomat sampean sudah tidak perlu lagi
melakukan sholat sunat sebab sholat sunat yang dilakukan setelah iqomat tidak
malah bertambah baik tapi malah bertambah buruk nilainya. Sakmarine adzan subuh
wong2 podo sholat sunat qobliyah subuh barang sampun iqomat banjur nabi ngadek
perlu ngimami sholat subuh. Tibak’e ono sahabat sing kari gak langsung melu
sholat jamaah tapi sholat sunat disek mari sholat sunat terus lagek gabung
sholat jamaah. Munggoe dewekne dipikir prilaku sing ngono iku prilaku sing
bener ternyata justru itu prilaku yang salah soale langsung dipun tegur deneng
Nabi saw. Sampean nek kapan ngono carane iku podo karo sholat subuh 4 rokaat.
Dadi mene maneh kapan sampean wes krungu qomat wes ojo mentingno sholat sunate
tapi pentingno sholat wajipe. Kasus2 seperti ini menunjukan bele zaman Nabi iku
gak kabeh uwong ngerti agomo. Tapi justru dengan kejadian seperti ini dapat
memberi pelajaran kepada kita semua bahwa tatacara ibadah itu harus sesuai
dengan yang dicontohkan Nabi. Kalau memang Nabi melarang sholat sunat setelah
iqomat ya berarti itulah ilmu yang kita pedomani. Adapun nanti kalau ada orang
sholat sunat setelah iqomat ya berarti itulah ibadah yang dilakukan tanpa dasar
ilmu. Itulah kiranya maksud hadis yang saya baca trimakasih atas perhatianya
sekian wassalam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar