I made this widget at MyFlashFetish.com.

Sabtu, 04 April 2015

BAB HUKUM-HUKUM BUANG AIR BESAR
Materi kuliah subuh ke 138 oleh bpk Muntaha,S.Ag, S.Pd


عن أنس بن مالك قال: كان النبيّ صلعم إذا دخل الخلاء قال: اللهمّ إنّي أعوذ بك من الخبث والخبائث وإذا خرج من الخلاء قال: الحمد لله الذى أذهب عنّى الأذى وعافاني (رواه الجماعة)
Dari Anas bin Malik ia berkata: Nabi saw bersabda apabila ia masuk tempat buang air besar ia berdoa: اللهمّ إنّي أعوذ بك من الخبث والخبائث yang artinya: ya Allah aku berlindung kepadamu daripada kejelekan dan barang-barang yang jelek. Dan apabila keluar dari tempat buang air besar ia mengucapkan doa الحمد لله الذى أذهب عنّى الأذى وعافاني yang artinya: segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan gangguan daripadaku dan yang telah menjagaku. HR.Jamaah
Penjelasan: Didalam hukum ilmu fiqih menawi kito meniko ngetokno barang najis utawi menawi kito meniko ngetokno kotoran yang biasa kita sebut dengan istilah ngising meniko kito dipun tuntun kalian membaca doa disaat kita hendak masuk dan disaat kita hendak keluar dari WC. Ateges sak derange ngengek fiqih mengajarkan supados sampean meniko purun berdoa kepada Allah swt lan semanten ugi sak marine ngengek supados sampean meniko purun berdoa kepada Allah swt. Rupine akeh wong ingkang podo sembrono dengan masalah ini seolah-olah diremehkan begitu saja sebelum pernah mengalami betapa sakitnya jika kita mau mengeluarkan kotoran tapi tidak bisa keluar rasanya benar-benar sakit dan hal itu pasti butuh biaya yang besar.
Kulo sampun ngalami piambak. Rasane yo Gudu nguyoh tapi diuyohno gak iso metu akibate ngrasakno loro larane setengah mati. Rasene Gudu ngentut tapi dientutno gak iso metu akibate yo ngrasakno loro larane setengah mati. Rasane gudu ngising tapi diisingno gak iso metu akibate yo ngrasakno loro larane  setenga mati. Tak arani larane setengah mati sebab larane meniko mrambat nok weteng sampek tembus geger. Kapan wes tumeko koyok ngono mberok’e gak cukup mberok dumateng gusti Allah tapi mekso ndewek kudu mlebu rumah sakit aliyas goleh tombo. Terus kapan wes mblebu rumah sakit duwek gak ono akehe duwek ateges kita butuh biaya yang besar hanya untuk mengobati kotoran yang harusnya bisa keluar tapi gak bisa keluar. Pramilo sakeng meniko supados kotoran kito meniko saged keluar kanthi lancar lamun kudu nguyo yo iso nguyo metu lancar lamun kudu ngentut yo iso ngentut metu lancar lamun kudu ngising yo iso ngising metu lancar mongko kito dipun perintah berusaha kanti membiasakan berdoa sebelum dan sesudah buang air besar. Betapa nikmatnya apabila kita bisa kencing dengan lancar. Betapa nikmatnya apabila kita bisa kentut dengan lancar. Dan betapa nikmatnya apabila kita bisa buang air besar dengan lancar. Mangkanya kita harus tetap bersyukur kepada Allah swt dengan tetap mau membiasakan berdoa sebelum dan sesudah buang kotoran sebagaimana yang dicontohkan oleh baginda Nabi saw kepada kita sekalian.  Cukup sekian trimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar