I made this widget at MyFlashFetish.com.

Sabtu, 04 April 2015

BAB MEMBERSIHKAN MASJID YANG TERKENA NAJIS DENGAN AIR YANG BANYAK

Materi kuliah subuh ke 135 oleh Bpk Muntaha,S.Ag,S.Pd
 
عن  أبي هريرة قال: قام أعرابيّ فبال فى المسجد فقام إليه النّاس ليقعوا به فقال النبيّ صلعم دعوه وأرقوا على بوله سجلا من ماء فإنّما بعثتم ميسّرين ولم تبعثوا معسّرين (رواه الجماعة)
Bersumber dari Abi Huroiroh ia berkata: berdirilah seorang baduwi lalu kencing didalam masjid kemudian orang-orang berdiri untuk memukulnya lalu Rosulullah saw bersabda: biarkanlah dia dan tuangkanlah setimba air diatasnya. Karena sesungguhnya kamu diutus untuk memudahkan dan tidak diutus untuk mempersukar. HR.Jamaah.
Penjelasan:
Zaman Nabi Muhammad saw meniko wonten tiang ingkang dipun gepuk’i gara-gara nguyoi masjid. Masjid sing mestine kudune dibersehi dadak malah diuyoi. Masjid sing mestine kudu dijogo kesuciane dadak tambah diuyoi. Mulo songko iku kabeh wong podo murang-muring gara-gara masjite dikotori dengan barang najis. Mongko sak anane wong podo misoi kurang ajar iku wong masjid kok diuyoi.
Berhubung masjid kolowau klalaran uyo berarti masjid kolowau statusnya najis. Pramilo sakeng meniko mboten angsal dipun damel sholat kejobo dipun suceni rumiyen. Banjur wong-wong podo takon dumateng Nabi. Terus kepiye Nabi carane mbersehi masjid sing  kenek uyo apakah seluruh lantai masjid itu harus dicuci semua ataukah cukup yang terkena najis itu saja yang harus dibersihkan.
Lalu Nabi menjawab: masjid yang terkena barang najis emboh iku najis mergo kenek tembelek’e pitek, emboh iku najis mergo kenek air kencing emboh iku najis mergo kenek barang najis liya-liyane mongko carane mbersei utowo carane nyuceni gak usah sak masjid dipel kabeh tapi cukup diposisi sekitar lokasi yang dikenai najis saja yang harus dipel dengan air yang sebanyak-banyaknya. Jadi air merupakan alat yang dapat digunakan untuk menghilangkan barang najis. Semakin banyak jumlah barang yang najis maka semakin banyak pula jumlah air yang dibutuhkan untuk membersihkanya.
Kesimpulanya apabila masjid kita kena barang najis maka kita wajib membersihkanya dengan air. Sesuai dengan sabda Nabi tuangkanlah setimba air diatasnya itu berarti ateges masjid yang terkena barang najis cepet-cepet nang sucenono cepet-cepet nang mbersehono dengan cara dipel dengan cara disiram dengan cara diblancur dan dengan cara  dibilasi dengan air yang sebanyak-banyaknya. Kalau sudah diyakini najisnya itu hilang maka barulah masjid tersebut kembali kepada statusnya yang awal yaitu suci. Dan kalau suci kita bebas menggunakanya untuk sholat sebagaimana mestinya. Untuk itu masjid harus kita jaga kesucianya jangan sampai kotor masjid harus tetap bersih, masjid harus tetap suci karena masjid tempat yang digunakan untuk bersujud kepada Allah swt. Kiranya seperti itu yang dimaksud hadis yang saya baca sekitan trimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar