I made this widget at MyFlashFetish.com.

Sabtu, 04 April 2015

BAB MENGGERAK-GERAKKAN CINCIN DAN MENYELA-NYELA JARI-JARI
Materi kuliah subuh ke 141 oleh bpk Muntaha,S.Ag.S.Pd

عن أبي رافع أنّ رسول الله صلعم كان إذا توضّأ حرّك خاتمه وعن ابن عبّاس أنّ رسول الله صلعم قال: إذا توضّأت فخلّل أصابع يديك ورجليك (رواه أحمد وإبن ماجه والترمذيّ)
Bersumber dari Abi Rafi bahwa Rosulullah saw apabila berwudhu beliau selalu menggerak-gerakkan cincinya.  Dan dari ibnu Abbas bahwa Rosulullah saw bersabda: apabila kamu berwudhu maka sela-selailah jari-jari kedua tanganmu dan dua kakimu. (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Tirmidzi)
Penjelasan: Baik orang laki-laki maupun orang perempuan apabila menggunakan cincin atau ali-ali pada jari-jemarinya maka dalam urusan wudhu ada perintah secara khusus. Menawi driji sampean mboten nganggo ali-ali berarti bebas tanpa ada perintah khusus. Tapi lamun sampean nganggo ali-ali iso-iso dadekno wudhune sampean dadi kurang sempurnoe lamun sampean mboten ngerti ilmune. Mboten berarti sampean dilarang nganggo ali-ali. Sampean nganggo ali-ali niku mboten nopo-nopo tapi nek sampean wudhu sing langkung sae niku sampean coplok rumiyen. Mari sampean coplok terus sampean wudhu. Maksute nyoplok ali-ali nalikane wudhu niku supados driji-driji sampean niku saged terlepas dari kotoran-kotoran yang menempel pada ali-ali. Terus kapan ali-aline sampean mboten sampean coplok naliko wudhu meniko saged tapi wonten sarate. Sarate engge meniko ali-ali sampean kolowau kedah sampean gerak-gerakno sambil dibersihkan kotoran-kotoranya dengan air. ali-ali sampean kolowau kedah sampean umet-umetno sambil dibersihkan kotoran-kotoranya dengan air. Perintah menggerak-gerakkan cincin dalam berwudhu ini berarti islam tidak menghendaki ada kotoran sedikitpun yang menempel dalam cincin. Jadi tangan yang dimasuki cincin harus benar-benar bersih ketika kita berwudhu untuk keperluan sholat.
Selanjutnya dalam berwudhu ada lagi perintah menyela-nyela tangan dan kaki. Ini berarti disaat kita berwudhu tangan dan kaki kita tidak boleh disiram begitu saja tapi harus dibersihkan secara tuntas dengan cara disela-selai baik itu jari-jari tangan maupun jari-jari kaki. Mengapa harus disela-selai. Tentu saja supaya tidak  ada kotoran yang masih menempel diantara tangan dan kaki kita disaat kita berwudhu. Sebegitu jlimetnya dalam urusan wudhu. Cincin disuruh menggerak-gerakkan. Driji tangan dan driji kaki disuruh menyelah-nyelai tentu saja prosedur ini harus kita lakukan dalam berwudhu karena dengan cara itu wudhu kita dianggap benar. Sebaliknya jika prosedur ini tidak kita lakukan  maka wudhu kita belum dianggap benar menurut fiqih. Wudhu yang benar hanyalah orang yang mengerti ilmunya dan orang yang mengerti ilmunya hanyalah orang yang mau mengaji atau mau belajar. Mudah-mudahan sampean mendapat ilmu dari kuliah subuh ini dan selanjutnya dipraktekkan dalam berwudhu. Sekian trimakasih wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar