I made this widget at MyFlashFetish.com.

Sabtu, 04 April 2015

BAB MENGISAP AIR HIDUNG

Materi kuliah subuh ke 140 oleh bpk Muntaha,S.Ag, S.Pd
عن أبي هريرة أنّ النبيّ قال: إذا توضّأ أحدكم فليجعل في أنفه ماء ثمّ ليستنثر (متفق عليه)
Bersumber dari Abi Huroiroh bahwa Nabi saw bersabda: apabila salah seorang diantara kamu berwudhu maka isaplah air hidung lalu semburkanlah.  (HR.Bukhori dan Muslim)
Penjelasan: Nabi Muhammad saw dawuh lhe wong islam temen yo sampean ojo lali, lamun sampean arep wudhu mongko isaplah air kedalam hidung lalu semprotkan keluar lagi sebanyak tiga kali. Poro hadirin didalam tindakan berwudhu ada Perintah menghisap air hidung lalu menyemprotkan keluar lagi itu berarti menunjukkan bahwa dalam keadaan sembahyang irunge sampean meniko mboten angsal wonten kotorane. Dalam keadaan sembahyang irunge sampean meniko kedah benar-benar bersih. Dalam keadaan sembahyang irunge sampean meniko kedah benar-benar suci dari segala macam kotoran. Kados ingkang kito semerapi bele macem-maceme kotoran irung enggemeniko umbel, upil lan ugi mimisen.
Pramilo sakeng meniko lamun sampean sembahyang banjur irunge sampean umbelen mongko sampean kedah berusaha bersehi rumiyen umbele sampean meniko lewat jalur wudhu enggemeniko sampean bersehi dengan air yang dimasukkan kedalam hidung lalu disemprotkan kembali keluar hidung. Sehingga dalam keadaan sembahyang irung sampean meniko benar-benar sudah bersih dari kotoran umbel.
Pramilo sakeng meniko lamun sampean sembahyang banjur irunge sampean upilen mongko sampean kedah berusaha bersehi rumiyen upel sampean meniko lewat jalur wudhu enggemeniko sampean bersehi dengan air yang dimasukkan kedalm hidung lalu disemprotkan kembali keluar hidung. Sehingga dalam keadaan sembahyang irung sampean meniko benar-benar sudah bersih dari kotoran upil.
Pramilo sakeng meniko lamun sampean sembahyang banjur irunge sampean mimisen mongko sampean kedah berusaha bersehi rumiyen mimis sampean meniko lewat jalur wudhu enggemeniko sampean bersehi dengan air yang dimasukkan kedalm hidung lalu disemprotkan kembali keluar hidung. Sehingga dalam keadaan sembahyang irung sampean meniko benar-benar sudah bersih dari kotoran mimis. Dari sini jelas bagi kita bahwa diluar sembahyang hidung kita boleh ada umbel. Diluar sembahyang hidung kita boleh ada upel. Diluar sembahyang hidung kita boleh ada mimis tapi dalam keadaan sembahyang hidung kita harus bersih dari kotoran umbel.dalam keadaan sembahyang hidung kita harus bersih dari kotoran upel dan dalam keadaan sembahyang hidung kita harus bersih dari kotoran mimisen. Supaya semua kotoran hidung itu bisa bersih maka Nabi memerintahkan bersihkanlah hidungmu dengan cara menghisap air hidung dan menyemprotkan kembali pada saat kalian sedang melakukan perbuatan berwudhu. Sekian trimakasih wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar