I made this widget at MyFlashFetish.com.

Kamis, 24 September 2020

 

Bab makmum masbuk

عن أبي هريرة قال: قال رسول الله صلعم إذا جئتم إلى الصلاة ونحن سجود فاسجدوا ولا تعتدّوها شيأ ومن أدرك الرّكعة فقد أدرك الصّلاة ( رواه أبو داود ) وعن أبي هريرة أنّ النّبيّ صلعم قال من أدرك ركعة من الصّلاة مع الإمام فقد أدرك الصّلاة (رواه بخاري ومسلم)

Hadis bersumber dari Abu Huroiroh ia berkata: bersabda Rosulullah saw. Apabila kamu hendak mendatangi sholat berjamaah sedang posisi kami dalam keadaan sujud maka hendaklah kamu ikut sujud. Tapi janganlah kamu hitung satu rokaat. dan barang siapa yang menjumpai rukuknya imam berarti ia telah sempurna sholatnya.(HR. Abu dawud). Dan dari Abu Huroiroh bahwa Nabi saw bersabda: barang siapa yang menjumpai rukuknya imam dalam rokaat pertama maka berarti ia telah sempurna sholatnya. (HR.Bukhori Muslim)

Penjelasan: ingkang dipun maksud makmum masbuk engge meniko makmum sholat ingkang ketinggalan imam ing nalikane sholat. Makmum masbuk ingkang ketinggalan imam kolowau berfariasi. Tegese kadang-kandang ono sing ketinggalan gak menangi bacaan fatehae imam. Kadang-kadang ono sing ketinggalan gak menangi bacaan surat-suratane imam. Kadang-kadang ono sing ketinggalan gak menangi rukuk’e imam. Lan kadang-kadang ono sing ketinggalan gak menangi sujudte imam dalam kegiatan sholat berjamaah. Dalam posisi tertentu makmum masbuk itu tidak perlu nambai rokaat sholat tapi dalam posisi tertentu makmum masbuk itu harus nambai jumlah rokaat sholat setelah imam salam. Lah berarti makmum masbuk sing gak perlu nambai jumlah rokaat sholat iku makmum masbuk sing kepiye terus makmum masbuk sing kudu nambai jumlah rokaat sholat iku makmum masbuk sing kepiye. Ini yang terpenting untuk kita fahami dan kita mengerti sehingga ketika kita menjadi makmum masbuk punya keputusan oh saya tidak perlu nambai rokaat sholat setelah imam salam oh saya harus nambai rokaat sholat setelah imam salam. Dari kedua hadis tersebut diatas memberi petunjuk kepada kita bahwa makmum masbuk yang menangi rukuknya imam berarti sholatnya dianggap sempurna. Oleh karena itu setelah imam salam dia tidak perlu nambai sholatnya lagi. Tapi jika makmum masbuk itu hanya menangi sujudnya imam berarti sholatnya dianggap tidak sempurna. Oleh karena itu setelah imam salam dia harus nambai kekurangan sholatnya. Nah,Terkait dengan makmum masbuk meniko saya punya pengalaman. Saya pernah ditegur orang. Mas sholat sampean tidak syah alias batal. Saya jawab lho sampean kok bilang sholat saya tidak syah atas dasar apa. Mungkin sampean menggunakan dalil “laa sholaata illa bil faatihati” tidak syah sholat tanpa bacaan surat al-fatihah. Kalau posisi sholat itu sholat sendirian memang benar wajib membaca surat al-fatihah. Tapi kalau posisi sholat berjamaah bacaan surat al-fatehah itu sudah ditanggung oleh imam. Oleh karena itu Nabi memberi petunjuk kepada kita jika kamu menjumpai rukuknya imam berarti sholatmu itu sempurna tapi jika kamu hanya menjumpai sujudnya imam berarti sholatmu tidak sempurna alias kurang oleh karena itu sempurnakanlah rokaat yang kurang itu setelah imam salam. Kiranya seperti itu yang dimaksud hadis yang saya baca semoga bisa kita fahami untuk dipraktekkan dalam ibadah kita sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar