I made this widget at MyFlashFetish.com.

Jumat, 13 Desember 2013

Sembahyang sudah bisa dimulai apabila sudah siap
Kuliah subuh ke 111 oleh bapak Muntaha,S.Ag,S.Pd


عن جابر بن سمرة قال: كان بلال يؤذّن إذا دحضت فلا يقيم حتّى يخرج النبيّى صلعم فإذا خرج أقام الصّلاة حين يراه (رواه مسلم)
Bersumber dari Jabir bin samurah dia berkata: manakala sang matahari telah tenggelam bilal segera mengumandangkan adzan. Dan bilal tidak akan membaca iqomat sebelum Rosulullah saw keluar. Baru ketika bilal sudah melihat Rosulullah saw keluar maka bilal melakukan iqomat. HR. Muslim.
Penjelasan: Ingnalikane matahari sampun tenggelam bilal segera mengumandangkan adzan. ini memberikan gambaran bele waktu sholat maghrib meniko dipun mulai dengan isyarat tenggelamnya matahari disebelah barat. Suara adzan itu merupakan simbul, suara adzan itu merupakan isyarat, suara adzan itu merupakan tanda bele waktu sholat itu sudah tiba, bele waktu sholat itu sudah datang, bele waktu sholat itu sudah masuk. Pramilo sakeng meniko menawi kito krungu suara adzan berarti itu melambangkan waktu sholat sudah tiba, waktu sholat sudah datang atau waktu sholat sudah masuk.Saben-seben masuknya waktu sholat meniko kedah dipun tandai dengan suara adzan. Pramilo sakeng meniko menawi waktu sholat maghrib sampun masuk berarti kudu ono sing adzan maghrib kanggo nondoi bele waktu sholat maghrib sudah masuk. . Pramilo sakeng meniko menawi waktu sholat isyak sampun masuk berarti kudu ono sing adzan isyak kanggo nondoi bele waktu sholat isyak sudah masuk. Pramilo sakeng meniko menawi waktu sholat subuh sampun masuk berarti kudu ono sing adzan subuh  kanggo nondoi bele waktu sholat subuh sudah masuk. Pramilo sakeng meniko menawi waktu sholat dhuhur sampun masuk berarti kudu ono sing adzan dhuhur kanggo nondoi bele waktu sholat dhuhur sudah masuk. Lan Pramilo sakeng meniko menawi waktu sholat asar sampun masuk berarti kudu ono sing adzan asar kanggo nondoi bele waktu sholat asar sudah masuk. Saklajengipun setelah bilal melakukan adzan atau setelah bilal mengumandangkan adzan maka dia tidak boleh keburu-buru untuk iqomat. Zaman Nabi bilal gak qomat2 selagi Rosulullah saw dereng keluar. Nek Rosulullah saw sampun keluar lagek qomat. Ini artinya bahwa seorang bilal sudah boleh iqomat apabila sholat itu benar2 sudah siap dimulai. Ialah imamnya sudah siap, ialah makmumnya sudah siap. Jika makmumnya masih banyak yang melakukan sholat  sunat maka bilal tidak boleh tergesah-gesah iqomat karena perintah iqomat dalam syareat fiqih menawi sholat kolowau sampun siap. Mangkane bilal zaman Nabi iqomat meniko dipun tunggu sampai Rosulullah saw Keluar. Menawi Rosulullah sampun keluar berarti sholat itu sudah siap dimulai. Menawi sholat itu sudah siap dimulai maka tugas bilal ialah melakukan iqomat sebagai pertanda bahwa imam dan makmum sudah siap melakukan sholat secara berjamaah. Kiranya itu yang dimaksud hadis yang saya baca semoga bisa kita praktekkan dalam ibadah kita. Amin ya rabbal alamin. Sekian trimaksih wassalam.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar