Sembahyang sudah bisa dimulai apabila sudah siap
Kuliah subuh ke 111 oleh bapak Muntaha,S.Ag,S.Pd
عن جابر بن سمرة قال: كان بلال يؤذّن إذا دحضت فلا
يقيم حتّى يخرج النبيّى صلعم فإذا خرج أقام الصّلاة حين يراه (رواه مسلم)
Bersumber dari Jabir
bin samurah dia berkata: manakala sang matahari telah tenggelam bilal segera
mengumandangkan adzan. Dan bilal tidak akan membaca iqomat sebelum Rosulullah
saw keluar. Baru ketika bilal sudah melihat Rosulullah saw keluar maka bilal
melakukan iqomat. HR. Muslim.
Penjelasan: Ingnalikane
matahari sampun tenggelam bilal segera mengumandangkan adzan. ini memberikan
gambaran bele waktu sholat maghrib meniko dipun mulai dengan isyarat
tenggelamnya matahari disebelah barat. Suara adzan itu merupakan simbul, suara
adzan itu merupakan isyarat, suara adzan itu merupakan tanda bele waktu sholat
itu sudah tiba, bele waktu sholat itu sudah datang, bele waktu sholat itu sudah
masuk. Pramilo sakeng meniko menawi kito krungu suara adzan berarti itu
melambangkan waktu sholat sudah tiba, waktu sholat sudah datang atau waktu
sholat sudah masuk.Saben-seben masuknya waktu sholat meniko kedah dipun tandai
dengan suara adzan. Pramilo sakeng meniko menawi waktu sholat maghrib sampun
masuk berarti kudu ono sing adzan maghrib kanggo nondoi bele waktu sholat
maghrib sudah masuk. . Pramilo sakeng meniko menawi waktu sholat isyak sampun
masuk berarti kudu ono sing adzan isyak kanggo nondoi bele waktu sholat isyak
sudah masuk. Pramilo sakeng meniko menawi waktu sholat subuh sampun masuk
berarti kudu ono sing adzan subuh kanggo
nondoi bele waktu sholat subuh sudah masuk. Pramilo sakeng meniko menawi waktu
sholat dhuhur sampun masuk berarti kudu ono sing adzan dhuhur kanggo nondoi
bele waktu sholat dhuhur sudah masuk. Lan Pramilo sakeng meniko menawi waktu
sholat asar sampun masuk berarti kudu ono sing adzan asar kanggo nondoi bele
waktu sholat asar sudah masuk. Saklajengipun setelah bilal melakukan adzan atau
setelah bilal mengumandangkan adzan maka dia tidak boleh keburu-buru untuk
iqomat. Zaman Nabi bilal gak qomat2 selagi Rosulullah saw dereng keluar. Nek
Rosulullah saw sampun keluar lagek qomat. Ini artinya bahwa seorang bilal sudah
boleh iqomat apabila sholat itu benar2 sudah siap dimulai. Ialah imamnya sudah
siap, ialah makmumnya sudah siap. Jika makmumnya masih banyak yang melakukan
sholat sunat maka bilal tidak boleh
tergesah-gesah iqomat karena perintah iqomat dalam syareat fiqih menawi sholat
kolowau sampun siap. Mangkane bilal zaman Nabi iqomat meniko dipun tunggu
sampai Rosulullah saw Keluar. Menawi Rosulullah sampun keluar berarti sholat
itu sudah siap dimulai. Menawi sholat itu sudah siap dimulai maka tugas bilal
ialah melakukan iqomat sebagai pertanda bahwa imam dan makmum sudah siap
melakukan sholat secara berjamaah. Kiranya itu yang dimaksud hadis yang saya
baca semoga bisa kita praktekkan dalam ibadah kita. Amin ya rabbal alamin.
Sekian trimaksih wassalam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar