I made this widget at MyFlashFetish.com.

Jumat, 02 Maret 2012

Seorang pembantu boleh mensedekahkan harta majikanya


عن عمير قال: أمرني مولاي أن أقدر لحما, فجاء ني مسكين فأطعمته منه فضربني, فأتيت رسول الله صم فذكرت له ذالك فدعاه, فقال لم ضربته؟ فقال: يعطي طعامي من غير ان آمره, فقال الأجر بينكما (رواه أحمد ومسلم)
Dari umair ia berkata: Tuanku menyuruhku memotong-motong daging. Lalu ada seorang miskin datang kepadaku lalu aku memberinya sedikit dari daging itu. Lalu tuanku memukulku kemudian aku menghadap Rasulullah saw lalu kututurkan hal itu kepadanya: lalu beliau memanggil tuanku seraya bertanya: mengapa anda memukulnya? Ia menjawab karena ia memberikan makananku tanpa kusuruhnya. Lalu beliau bersabda: pahalanya dibagi antara kamu berdua. (HR.Ahmad dan Muslim)

Penjelasan:
Umair nyritakno pengalamane rikolo awak kerjo dadi babu. Sakmarine bendaraku nyembelih wedus banjur aku dikongkon ngapik’i ,banjur aku dikongkon gramut sakrampunge. Naliko daging wedus iku mau tak potong-potong dumbadak ono wong miskin teko perlu njaluk kepengen mangan daging kambing segar yang baru saja disembelih. Mumpung gak weruh bendoro akhire wong miskin mau tak kek’e sak cukupe. Sak wuse wong miskin iku mau mungkur dumbadak konangan bendoroku. Akhire aku diomeng entek ngamek kurang golek sampek tumeko aku diajar sampek babak belur. Akhirnya Umair datang menghadap Rasul perlu nglapurno tindak kekerasan yang dilakukan oleh majikanya terhadap dirinya. Rasul aku gak trimo Rasul aku digepuk’i bendaraku sampek babak belur saya menuntut keadilan Rasul. Akhire majikane Umair dipanggil Rasulullah untuk dimintai keterangan atas lapuran dari pembantunya yang bernama Umair. Banjur majikan kolowau ditakoni deneng kenjeng Nabi: laopo pembantu pean Umair kok pok gepuk’i, opo salae lan opo perkarane. Banjur majikan kolowau jawab: anane tak gepuk’i sebab Umair iku pembantu sing lancang, pembantu sing kurang ajar. Mosok dikongkon ngapik’i daging kok malah dikekno wong miskin sing ngemis padahal ora tak kongkon. Wong atase pembantu wae kok wani-wani ngepekno daging dikek’no wong miskin tanpa izin dari saya. Banjur Rasulullah bersabda: “al-ajru bainakuma” ateges lhe mene mane pean iku ojo ngono, menurut hukum islam seorang pembantu itu boleh mensedekahkan sebagian dari makanan majikanya tanpa harus meminta izinya terlebih dahulu. Secara dhohir sing ngemehno iku pembantu pean tapi ganjarane dibagi loro yaiku sebagian kanggo awakmu dan sebagian kanggo pembantumu. Dadi karo-karone oleh ganjaran sing podo. Kesimpulanya seorang pembantu rumah tangga itu diperbolehkan mensedekahkan sebagian dari harta majikanya tanpa izinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar