I made this widget at MyFlashFetish.com.

Sabtu, 19 Mei 2012

Hukum tatto dalam pandangan islam


وعن ابن عمر أنّ النّبيّ صم لعن الواشمة والمستوشمة (متفق عليه)
وعن ابن مسعود أنّه قال: لعن الله الواشمات والمستوشمات (متفق عليه)
Dan dari Ibnu Umar, bahwa sesungguhnya  Nabi saw melaknat perempuan tukang tatto dan perempuan yang minta ditatto. HR. Bukhori Muslim
Dan dari Ibnu Mas’ud ra bahwa sesungguhnya ia berkata: Allah melaknat perempuan-perempuan tukang tatto dan perempuan-perempuan yang minta ditatto. HR. Bukhori Muslim
Penjelasan:
Hadis ingkang pertama isinipun engge meniko njelas aken bele Nabi Muhammad saw meniko melaknat dumateng wong wedok sing dadi tukang tatto lan ugi melaknat dumateng wong wedok sing njaluk ditatto. Banjur hadis ingkang kaping kaleh isinipun sami engge meniko gusti Allah melaknat dumateng wong wedok sing dadi tukang tatto lan ugi melaknat dumateng wong wedok sing njaluk ditatto. Nek kapan gusti Allah sak Nabine nglaknat masalah tatto berarti engko sopo-wae wonge sing mlanggar ateges isek gunakno tatto mongko iku podo karo menghadapi resiko klas berat.
Tatto dipandang dari sisi hukum fiqih mongko tatto hukumipun engge meniko haram. Lamon ono wong lanang utowo ono wong wedok banjur gawe tatto mongko prilaku sing koyok ngono iku dilarang deneng gusti Allah. Gusti Allah sak Nabine meniko mengharamkan menggunakan atau memakai tatto baik itu digunakan untuk orang laki-laki maupun digunakn untuk orang perempuan. Cek’e lanang cek’e wedok kapan gawe tatto mongko gusti Allah sak Nabine  nglaknat perbuatan itu sebagai kemaksiatan engge meniko perbuatan prilaku syaiton yang dilarang dalam agama islam.
Sing dimaksud tatto yoiku gambar khayawan utowo gambar sak anane gambar sing digambar ono ing anggota badan dengan menggunakan tinta hitam yang masuk kedalam kulit seseorang. Kadang digambar di tangan. Kadang digambar di sikil. Kadang digambar di weteng geger bokong  bahkan ono sing sak kujur awak digambari tatto kabeh. Mongko prilaku menggunakan gambar tatto sing koyok ngono iku menawi dipun pandang dari sisi hukum fiqih maka itu hukumnya adalah haram.
Nek kapan ono wong islam banjur awak’e digambari tatto mongko iku planggaran kelas berat yang sudah bisa dipastikan tidak akan bisa masuk surga. Nopo sebape? Sebab lamon sholat mongko sholate 100 % dijamin gak sah jalaran whudune gak sah. Nek kapan wudhune gak sah mongko sholate katut gak sah. Berarti sah e sholat itu tergantung wudhune. Kanggone wong islam sing gambar tatto nek gone awak’e mongko air wudhu gak bakal iso tembus ke dalam pori-pori kulitnya karena terhalang oleh tinta tatto yang menempel didalam kulitnya. Pada saat kita wudhu anggota badan kita harus bersih dari gambar tatto. Kalau terpaksa ada gambar tatto maka terpaksa wudhu kita tidak sah. Kalau wudhu kita tidak sah maka sholat kita juga ikut tidak sah. Berarti sholate wong sing bertatto akan menjadi masalah besar dihadapan Allah swt dan Rasulnya. Oleh karena itu mari kita jaga diri kita dan keluarga kita jangan sampai menggunakan gambar tatto didalam badan kita karena tukang tatto dan yang minta ditatto keduanya akan dilaknat oleh Allah dan Rasulnya. Kalau itu yang terjadi sudara-sudara maka tidak ada tempat baginya kecuali neraka yang menanti dan menunggunya. Seperti itu kiranya yang dimaksud hadis yang saya baca semoga bisa kita fahami untuk kita hindari apa itu yang disebut dengan tatto. Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar