I made this widget at MyFlashFetish.com.

Senin, 09 Juli 2012

SURAT YANG DIBACA DALAM SHOLAT JUM’AT DAN SHOLAT ID

عن النعمان بن بشير رضي الله عنه قال: كان النبيّ صم يقرأ فى العيدين وفي الجمعة سبّح اسم ربّك الأعلى وهل أتاك حديث الغاشبة قال: وإذا اجتمع العيد والجمعة في يوم واحد يقرأ بهما في صلاتين (رواه الجماعة الاّ البخاريّ وابن ماجه)
Diriwayatkan dari Nukman bin Basyir ra ia berkata: Nabi saw selalu membaca pada sholat kedua hari raya (idul fitri dan idul adha) dan sholat jum’at yaitu membaca surat al-a’la dan surat al-ghosyiyah. Apabila berkumpul hari raya dan jum’at pada suatu hari Nabi saw membaca surat-surat itu di kedua-dua sholat. (HR.al-jamaah kecuali bukhori dan ibnu majah) sumber:Tanya Jawab Agama 5 suara Muhammadiyah hal. 50
Penjelasan:
Hadist meniko menjelaskan tiga macam sholat, ingkang pertama engge meniko sholat hari raya idul fitri, ingkang kaping kalih engge meniko sholat hari raya idul adha, lan ingkang kaping tigo engge meniko sholat jum’at. Saben-saben imam sing dikek’i tugas ngimami sholat hari raya idul fitri, utowo dikek’i tugas ngimami sholat hari raya idul adha, utowo dike’ki tugas ngimami sholat juma’t mongko imam-imam tersebut kedah berkiblat dumateng hadist meniko engge meniko meniru dan mencontoh prilaku Rosulullah saw ingdalem moco ayat-ayat al-qur’an khususipun ing naliko ngimami  sholat dua hari raya lan ing naliko ngimami sholat jum’at. Pada rokaat pertama Rasulullah saw selalu membaca surat al-a’la dan pada rokaat kedua beliau selalu membaca surat al-ghosyiyah.
Nabi Muhammad saw selalu membaca surat al-a’la dan selalu membaca surat al-ghosyiyah. Kedua surat ini selalu dibaca oleh Rosulullah dalam tiga sholat ialah sholat idul fitri-sholat idul adha dan sholat jum’at. Surat al-a’la dibaca pada rokaat pertama dan surat al-ghosyiyah dibaca pada rokaat kedua. Sebab rokaat pertama dalam sholat idul fitri-dalam sholat idul adha dan dalam sholat jum’at Rasulullah selalu membaca surat al-a’la maka secara hukum fiqih kita akan mendapat kesunatan dari Rasulullah apabila kita mau meniru prilaku tersebut. Sebab rokaat kedua dalam sholat idul fitri-dalam sholat idul adha dan dalam sholat jum’at Rasulullah selalu membaca surat al-ghosyiyah maka secara hukum fiqih kita akan mendapat kesunatan dari Rasulullah apabila kita mau meniru prilaku tersebut.
Poin yang kedua dalam hadist ini engge meniko maringi semerap dumateng kito bele sholat hari raya idul fitri atau sholat hari raya idul adha menawi jatuh pada hari jum’at atau bersamaan dengan hari jum’at bukan berarti Rasulluh premi jum’atan tetapi Rasulullah tetap melakukan sholat jum’at dan surat yang dibaca dalam kedua sholat itu yakni sholat id dan sholat jum’at pada rokaat pertama beliau membaca surat al-a’la dan pada rokaat kedua beliau membaca surat al-ghosyiyah.
Secara pribadi kulo dereng nate ngimami sholat hari raya idul fitri ugo dereng nate ngimami sholat hari raya idul adha tapi ngimami sholat jum’at selalu saya lakukan setiap dua bulan sekali. Setidak-tidaknya kalau saya punya jadwal ngimami sholat jum’at maka saya selalu dituntun oleh hadist ini untuk berperilaku seperti Rasulullah engge meniko rokaat pertama membaca surat al-a’la dan rokaat kedua membaca surat al-ghosyiyah. Pemahaman ini akan selalu saya pegang untuk pedoman diri saya dalam menjalankan sunah Rasul engge meniko membaca surat al-a’la dan membaca surat al-ghosyiyah ketika ngimami sholat idul fitri-ketika ngimami sholat idul adha dan ketika ngimami sholat jum’at. Inilah kajian saya dalam mendalami dunia fiqih yang kami lakukan seminggu sekali semoga dapat menambah ilmu dan wawasan agama islam sehingga setiap ibadah yang kita lakukan selalu berkiblat kepada baginda Rosulullah saw. Sekian trimaksih wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar