Sunah memperpanjang rokaat yang pertama dalam sholat berjamaah
Bapak Muntaha, S.Ag, S.Pd
عن أبي سعيد الخدريّ قال: لقد
كانت صلاة الظّهر تقام فيذهب الذّاهب إلى البقيع فيقضى حاجته ثمّ يتوضّأ ثمّ يأتى
ورسول الله صلعم في الركعة الأولى ممّا يطوّلها
Bersumber
dari Abu Said Al Khudriy ia berkata: Pernah terjadi sholat dhuhur sudah
diqomati lalu seseorang pergi ke Baqik ia menyelesaikan keperluanya lantas
berwudhu kemudian kembali lagi sementara Rasulullah saw masih dalam rokaat
pertama lantaran beliau memperpanjang sholatnya.
Penjelasan:
Maksud
hadist tersebut diatas saya gambarkan sebagai berikut: Rosulullah saw menawi
ngimami sholat engge meniko ngimami sholat subuh, ngimami sholat dhuhur, ngimami
sholat asar, ngimami sholat
maghrib, lan ngimami sholat isyak, maka pada rokaat yang pertama beliau selalu
memperpanjang rokaatnya atau rokaatnya diperpanjang sedang pada rokaat
berikutnya diperpendek. Ateges Rosulullah saw menawi ngimami sholat mongko
Rosulullah selalu dawakno rokaat yang pertama lan ngendekno rokaat yang kedua.
Trus kapan Rosulullah dawakno rokaat yang pertama banjur sampek sepiro dawane
trus opo maksut lan tujuane. Sedoyo kolowau dipun gambaraken kados mekaten.
Ingnalikane Rosulullah saw ngimani sholat dhuhur dumbadak ono salahsijine
makmum sing mundur yoiku mundur gak melu sholat jalaran tiang kolowau punya
hajat alias kudu ngising. Akhire Rosulullah saw nglanjutno sholate lan tiang
kalowau nglanjutno ngisinge.
Ingnalikane
tiang kalowau ngising piyambak’e sambil mikir aku iki engko wes jelas kari
rokaat yang pertama jalaran ngisingku iki yo suwe terus lamon gak tak isingno
jelas tambah ganggu kosentrasi sholat atau tambah ganggu kekhusu’an sholat.
Mulo perlu diisingno disek terus kapan wes mari ngising baru dilanjutkan
sholat. Barang wis mari ngising terus wudhu bareng wes mari wudhu terus gabung
melu sholat. Ingnalikane tiang kolowau gabung sholat ternyata piyambak’e isek
menangi rokaat pertama jalaran Nabi Muhammad sengaja dawakno sholate pada
rokaat yang pertama.
Dadi
Nabi Muhammad dawakno rokaat yang pertama kalowau tujuane engge meniko mbarek
ngenteni makmum ingkang ngising kolowau ojo sampek kari utowo ojo sampek dadi
makmum sing masbuk mulo rokaate didawakno. Jadi pesan moral yang ada pada
peristiwa ini engge meniko imam yang sedang ngimami sholat pada rokaat yang
pertama disunatkan untuk diperpanjang tujuanya ialah memberi kesempatan kepada
orang lain barang kali ada makmum yang tertinggal supaya menangi dan tidak
sampai menjadi makmum yang masbuk atau makmum yang tertinggal. Maka secara
teknis ayat yang dibaca pada rokaat pertama setelah surat al-fatekha adalah
ayat yang lebih panjang dari rokaat yang kedua. Dari sini jelas bagi kita
apabila ada imam sholat pada rokaat pertama membaca ayat al-qur’an lebih
panjang dari pada ayat yang dibaca pada rokaat kedua oh berarti itulah sunah
Rosul yang dimaksud dalam hadist ini. Sebaliknya kalau ada imam sholat pada
rokaat pertama membaca ayat al-qur’an lebih pendek dari pada ayat yang dibaca
pada rokaat kedua oh berarti itu tidak menggambarkan sunah Rosul oleh karenanya
perlu kita hindari cara-cara yang semacam itu. Jadi seorang imam sholat
dituntut berpengetahuan perihal bagaimana cara-cara Nabi ngimami sholat dan
sebisa mungkin sunah-sunah beliau kita ambil, kita terapkan, kita contoh, kita
tiru dan kita jadikan sebagai pedoman untuk memimpin jalanya kegiatan sholat
berjamaah. Jadi intinya rokaat yang pertama mebaca ayat yang panjang dan rokaat
kedua membaca ayat yang pendek. Kiranya seperti itu yang dimaksud hadist yang
saya baca semoga bisa kita terapkan. sekian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar