I made this widget at MyFlashFetish.com.

Selasa, 22 Oktober 2013

Bersujud dua kali sebelum salam karena lupa dalam sembahyang
Kuliah subuh ke 103 oleh bpk Muntaha,S.Ag, S.Pd

عن أبي هريرة أنّ رسول الله صلعم قال: إنّ أحدكم إذا قام يصلّى جاءه الشيطان فلبس عليه. حتّى لا يدرى كم صلّى . فإذا وجد ذالك أحدكم فليسجد سجدتين وهو جالس (ورا مسلم)
Bersumber dari Abu Huroiroh sesungguhnya Rosulullah saw bersabda: sesungguhnya apabila salah seorang diantara kamu tengah bersembahyang maka akan datang kepadanya syetan untuk membuatnya ragu ragu sehingga dia tidak tau sudah dapat berapa rokaatnya dia bersembahyang. Apabila salah seorang diantara kamu mendapati hal itu maka hendaklah ia bersujud dua kali ketika dia masih dalam keadaan duduk sebelum salam. HR.Muslim
Penjelasan: Hadist meniko maringi peringatan dumateng kito bele saben2 dewek sembahyang meniko selalu dipun tekani deneng syetan kaperlu ngodo pikirinan dewek, kaperlu godo angen2 dewek lan kaperlu godo tingkat kosentrasi dewek ya opo carane ndewek sholat iku gak iso eleng gusti Allah tapi isowo eleng marang sak liyane gusti Allah. Usaha lan rekodoyoe syetan ingkang kados ngeteniki katah sing berhasil katimbang sing gagal. Ojo papak’e wong sak ndewek Nabi Muhammad piyambak niku mawon sering kenek rekodoyoe syetan ono ing sak jerone sholat sehinggo ngakibatno sholate Nabi mau dadi sholat sing ragu-ragu. Sholat sing ragu-ragu ateges sholat iku mau wes oleh pirang rokaat? Sholat ndewek iku mau wes oleh 3 rokaat opo wes oleh 4 rokaat. Ngeneiki jenenge ragu-ragu ono ing sak jerone sholat sebab kenek rokodoyoe syetan. Sekabeyane menungso iku mesti tau ngalami ingkang kados mekaten. Terus kapan wes tumeko ngalami ingkang kados mekaten maka ada 2 solusi menurut dunia fiqih engge meniko solusi pertama kita harus mengambil keputusan rokaat yang paling diyakini misalnya 4 rokaat yang diyakini dan 3 rokaat yang ragu-ragu maka ambillah yang 4 rokaat. Jadi yang ragu-ragu ditinggalkan dan yang yakin itulah yang dilakukan. Solosi ke 2 Karena didalam sholat tadi ada unsur ragu-ragu sholat saya tadi itu dapat 3 rokaat ataukah sudah dapat 4 rokaat maka keragu-raguan tadi harus kita hilangkan dengan cara sujud dua kali sebelum salam. Jadi sujud dua kali sebelum salam itu fungsinya adalah untuk melawan rekodoyoe syetan yang menyebabkan sholat kita ragu-ragu sehingga kurang rokaat atau kelebihan rokaat dalam sholat. Jadi rokaat yang kurang atau rokaat yang lebih caranya cukup diganti dengan sujud dua kali sebelum salam. Dan sujud semacam ini disebut dengan sujud sahwi ialah sujud yang dilakukan sebelum salam karena unsur kelupaan dalam sholat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar