I made this widget at MyFlashFetish.com.

Selasa, 22 Oktober 2013

Tata Cara Salam Yang Menandai Berakhirnya Selesai Sembahyang
 kuliah subuh ke 105 oleh bapak Muntaha,S.Ag.S.Pd

عن عامربن سعد عن أبيه قال كنت أرى رسول الله صلعم يسلّم عن يمينه وعن يساره حتّى أرى بياض خدّه (رواه مسلم)
Bersumber dari Amir bin Sa’ad dari ayahnya dia berkata: Aku melihat Rosulullah saw melakukan salam kearah kanan dan kearah kiri sampai terlihat olehku pipinya yang putih. HR. Muslim
Penjelasan: Hadist meniko maringi penjelasan dumateng kito enggemeniko maringi penjelasan bab masalah cara melakukan salam dalam sembahyang. Salam yang dilakukan diluar sembahyang sudah jelas bagi kita enggemeniko diatur kados mekaten. Sing pernah enom maringi salam dumateng sing pernah tuwo. Sing pernah murid maringi salam dumateng pak guru. Sing pernah bawahan maringi salam dumateng atasan. Atau yang punya status sosial yang lebih rendah memberi salam dumateng tiang ingkang punya status social yang lebih tinggi. Anak memberi salam kepada orang tua dan seterusnya. Orang yang memberi salam diluar sholat status hukumnya adalah sunat sedang orang yang diberi salam status hukumnya adalah wajib menjawab. Salam yang dilakukan diluar sholat dengan salam yang dilakukan didalam sholat itu berbeda. Nah sekarang berbedanya bagaimana? Ini yang terpenting.
1.   Salam yang dilakukan diluar sholat boleh dilakukan kapan saja tetapi salam yang dilakukan didalam sholat harus dilakukan didalam sholat pada rokaat yang terakhir untuk menandai berakhirnya sembahyang.
2.   Salam yang dilakukan diluar sholat tidak usah disertai dengan gerakan menoleh kekanan dan kekiri tetapi salam yang dilakukan didalam sholat wajib disertai dengan gerakan menoleh kekanan dan kekiri.
3.   Salam yang dilakukan diluar sholat wajib dijawab dengan ucapan waalaikum salam warohmatullahi wabarokatuhu tetapi salam yang dilakukan didalam sholat tidak perlu dijawab seperti itu.
4.   Salam yang dilakukan diluar sholat cukup dilakukan hanya sekali saja tetapi salam yang dilakukan didalam sholat wajib dilakukan dua kali salam yaitu salam yang pertama kearah kanan dan salam kedua kearah kiri.
5.   Salam yang dilakukan diluar sholat boleh dilakukan oleh siapa saja tetapi salam yang dilakukan didalam sholat hanya boleh dilakukan oleh sorang imam sholat. Pramilo sakeng meniko menawi imam sholat sampun memberi komando salam dengan ucapan assalamualaikum warohmatullahiwabarokatuhu, assalamualaikum warohmatullahiwarokatuhu, dengan gerakan menoleh kekanan dan kekiri maka kita sebagai makmum sholat wajib segera mengikutinya sebagaimana yang dilakukan oleh imam sholat yaitu mengucapkan assalamualaikum warohmatullahiwabarokatuh dua kali dengan gerakan menoleh kekanan dan kekiri. Seperti itulah Rosulullah saw mengajari kita salam dalam sholat. Kiranya seperti itu yang dimaksud hadist tersebut diatas. Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar