I made this widget at MyFlashFetish.com.

Jumat, 06 April 2012

Hukum Perempuan Melihat Laki-laki

عن ام سلمة قالت: كنت عند النبيّ صم وميمونة فأقبل ابن امّ مكتوم حتىّ دخل عليه وذلك بعد ان امر بالحجاب فقال رسول الله صم احتجبا منه فقلنا يارسول الله اليس اعمى لا يبصرنا ولا يعرفنا؟ فقال افعمياوان انتما؟ ألستما تبصرا به : رواه أحمد

Dari Umi Salamah ia berkata: aku pernah bersama Maimunah ditempat Nabi saw:  kemudian datanglah Ibnu Umi Maktum lalu masuk kepadanya dan kejadian itu sesudah ia memerintahkan berhijab. Kemuadian Rasulullah saw bersabda: berhijablah kalian dari dia. Lalu kami  bertanya: ya Rasulullah bukankah dia itu buta? Tidak melihat kami dan tidak mengenal kami? Maka Rasulullah saw menjawab: apakah kalian berdua juga buta, bukankah kalian melihat dia?(HR Ahmad)

Penjelasan:
Dari sisi fiqih hadist meniko mengandung produk hukum engge meniko hukum harom. Banjur nopo ingkang dipun hukumi harom wonten ing hadis meniko?  Jawabane engge meniko hukum harom bagi seorang perempuan melihat orang laki-laki yang bukan muhrimnya. Didalam islam wong lanang iku gak oleh nyawang wong wedok sebalik’e wong wedok iku yo gak oleh nyawang wong lanang nek kapan dudu mahrome.
Banjur saiki sing perlu difahami, wong lanang gak oleh nyawang wong wedok, wong wedok gak oleh nyawang wong lanang, sing gak oleh iku nyawang sing kepiye? Sebagai acuan untuk menjawab pertanyaan ini ada hadis yang menjelaskan. Lamon ono wong lanang nyawang wong wedok terus nek pikirane iku ono krentekke syahwat ya Allah ayune cah wong iki nek kapan iku isek dalam pandangan pertama mongko nyawang sing koyok ngene iki gak doso ateges oleh nyawang. Dalam bahasa krenya pandangan pertama itu dianggap bonus. Tapi mergo rumongso wong wedok sing disawang iku ayu sampek ono krentek syahwat dalam pikiranya banjur nyawange mau dilanjutkan menjadi pandangan yang kedua maka pandangan yang kedua inilah yang dilarang dalam islam. Berarti nyawange wong lanang marang wong wedok sing dilarang yoiku nyawang sing disengojo yang disertai dengan nafsu atau syahwat. Nek ngono wong lanang nyawang wong wedok utowo sebalik’e wong wedok nyawang wong lanang sing gak oleh yoiku nyawang sing dibarengi dengan rasa nafsu, dibarengi dengan syahwat atau dibarengi dengan birahi. Dene sekedar nyawang gak ono embel embel nafsu ngono  iku gak opo2 ateges gak doso.
Jadi hadist diatas tersebut dijadikan dalil haromnya seorang perempuan melihat laki-laki yang bukan muhrimnya. Kalau saya gambarkan seperti ini. Nabi pernah duduk diruang tamu ditemani Umu salamah dan Maimunah. Tau tau ada tamu datang bernama ibnu umi maktum. Rupanya tamu ini orang yang buta. Lalu Umu salamah dan Maimunah diperintahkan Nabi supaya masuk kedalam rumah. Hai Umu salamah Hai Maimunah sampean mlebu sebab ono tamu. Banjur Umu salam dan Maimunah nolak gak mlebu yok wis geniyo Nabi wong tamune wong picek wae kok. Tamune gak bakal iso nyawang aku yo gak bakal kenal aku. Trus Nabi menjawab. Lak tamune gak iso nyawang sampean jalaran picek tapi sampean kan gak picek berarti sampean bakal  nyawang wong lanang sing dudu mahrome. Banjur mereka berdua lagek gelem mlebu. Dari peristiwa ini dapat ditarik suatu kesimpulan oh nek ngono berarti wong wedok iku gak oleh nyawang wong lanang. umpane oleh berarti Nabi gak mrentahno Umu salama dan Maimunah mlebu nag jeroh omah disaat ono dayo wong lanang. Mrentae Nabi mlebu nang jerone omah antarane Umu salamah dan Maimunah iku diambil pengertian berarti Nabi tidak mengizinkan Perempuan melihat laki-laki yang bukan muhrimnya dengan pandangan kedua dan seterusnya. Adapun pandangan pertama boleh boleh saja tidak ada masalah. Kiranya seperti hadist tersebut diatas semoga bisa kita amalkan. sekian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar