I made this widget at MyFlashFetish.com.

Minggu, 17 Maret 2013

Perintah meluruskan shaf dan merapatkan barisan sholat


Bapak Muntaha, S.Ag, S.Pd 
عن أنس بن مالك قال: قال رسول الله صلعم سوّوا صفوفكم فإنّ تسوية الصفّ من تمام الصّلاة

Bersumber dari Anas bin Malik ia berkata: Rasulullah saw pernah bersabda: Luruskanlah shaf-shafmu karena sesungguhnya meluruskan shaf itu termasuk kesempurnaan sholat.

Penjelasan:
Rasulullah saw menawi bade ngimami sholat beliau selalu mengingatkan makmumnya supaya meluruskan dan merapatkan barisan sholat. Hal ini dapat kita ketahui dari sabda beliau yang artinya: luruskanlah shaf-shafmu karena sesungguhnya meluruskan shaf itu termasuk kesempurnaan sholat. Jadi kaitanya dengan sholat berjamaah Rasulullah saw menyuruh atau memerintahkan kita supaya kita senantiasa meluruskan shaf atau meluruskan barisan sholat. Disamping barisan sholat itu lurus juga harus rapat. Nopo sebape Rasulullah saw memerintah kito supados kito meniko nglurusno lan ngrapetno barisan sholat. Jawabe engge meniko Sebab sempurnane sholat ndewek iku tergantung barisane. Menawi barisane lurus lan rapet oh mongko iku pertondo sholat ndewek iku sholat sing sempurno. Kosok baline menawi sholat ndewek meniko barisane mboten lurus lan mboten rapet oh mongko iku pertondo sholat ndewek meniko dereng dipun anggap sebagai sholat ingkang sempurno ateges sholat ndewek meniko dereng sempurno. Lha kok diarani sholat ndewek durung sempurno opo sebabe yo iku mau sebab barisane gak lurus tur gak rapet. Dadi barisan sholat sing gak lurus lan gak rapet iku iso dadekno sholat ndewek mboten sempurno. Pramilo sakeng meniko menawi ndewek sholat berjamaah ayok dikencengno lan ayok dirapetno barisane supados sholat ndewek meniko dados sholat ingkang sempurno.
Kadang-kadang barisan sholat ndewek iku wis kenceng yo wis lurus tapi durung rapet utowo kurang rapet. Kurang rapet ateges barisan sholat ndewek meniko isek renggang isek rengo isek longgar utowo gampange ngomong isek kurang rapet. Lamon barisan ndewek isek kurang rapet yo praktek ngono iku sing dikarepno setan. Ateges setan dadi seneng sebab dia punya kesempatan bisa menggoda orang sholat disela-sela barisan sholat yang renggang tadi. Oleh karena itu rapatkan barisan sholat kita serapat-rapatnya supaya tidak ada peluang bagi setan untuk menggoda kita disaat kita sedang sholat.
Dalam kaitanya dengan barisan yang rapat dalam sholat kita sudah ditipu secara halus oleh orang yahudi lewat tikar atau sajadah yang mereka buat bagaimana caranya orang islam biar barisan sholatnya tidak rapat maka sajadah sholat mereka buat dengan satu porsi satu porsi. Setiap satu porsi dimaksudnya untuk satu orang dan antara satu porsi dengan porsi lainya diberi jarak antara 10 sampai 20 centi meter. Nanti kalau orang islam sholat dengan menggunakan sajadah yang meraka buat pasti barisanya tidak bisa rapet karena antara satu dengan lainya diberi jarak 10 sampai 20 centi meter. Inilah kelicikan mereka dalam upaya bagaimana barisan sholat orang islam bisa rusak sehingga sholat orang islam juga ikut rusak. Pramilo sakeng meniko lewat kuliah subuh ini saya ingin menghimbau kepada semua jamaah supaya kalau kita sholat berjamah tidak usah menghiraukan batas orang sholat antara satu dengan lainya dalam sajadah. Meskipun disitu ada batasnya rapatkan saja barisan kita tidak usah menggunakan pedoman batas sajadah karena itu hanya tipu daya orang yahudi yang ingin merusak sholat kita melalui karyanya. Karna itu tikar sholat yang bagus itu tikar yang polos bukan yang bergambar. Semoga barisan sholat kita sudah rapat dan itulah yang dikehendaki oleh islam .sekian semoga bisa kita fahami amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar