I made this widget at MyFlashFetish.com.

Jumat, 01 Maret 2013

Larangan memandang ke langit didalam sholat


Bapak Muntaha, S.Ag, S.Pd 
عن أبي هريرة أنّ رسول الله صلعم قال: لينتهينّ أقوام عن رفعهم أبصارهم عند الدّعاء في الصلاة إلى السّماء أو لتخطفنّ أبصارهم
Bersumber dari Abu Huroiroh bahwa Rosulullah saw pernah bersabda: Sungguh para kaum itu hendaknya menghentikan pandangan mereka ke langit ketika berdoa didalam sholat atau pandangan mereka akan direnggut.

Penjelasan:
Hadist meniko menggambarkan bele umat islam dizaman Rosulullah saw meniko akeh wong sing podo sholat banjur wong mau ngarahno pandangan sholate menuju keatas langit. Wong2 mau podo nduwe penganggepan bele gusti Allah itu monggon dek langit. Sebab gusti Allah dianggep manggon ndek langit mongko nalikane dongo ing waktu sholat mereka mengarahkan pandanganya keatas langit dengan maksud agar doa doa mereka cepat bisa didengar oleh Allah swt. Munggoe wong-wong mau sholat dengan mengarahkan pandanganya ke atas langit itu dianggap cara yang tepat akan tetapi malah sebaliknya ternyata sholat dengan cara mengarahkan pandangan ke atas langit itu malah cara yang salah atau cara yang dilarang oleh islam.
Pelarangan ini langsung ditegaskan sendiri oleh Rosulullah saw melalui sabdanya: lhe wong islam sampean wingi sholat banjur nyawange ndangak menduwur iku ngono coro sing kliru. Gusti Allah ora mrintahno coro sing koyok ngono mulo songko iku mulai saiki sampean lereni sholat dengan cara mengarahkan pandangan ke atas langit utowo sampean lereni sholat dengan cara nyawang ndangak utowo sholat dengan cara nyawang menduwur. Rosulullah saw gak trimo ngongkon nglereni coro coro sholat dengan cara ndangak tapi Rosulullah malah ngancam utowo dongakno olo, titenono yo sampean wis tak elengno sampean wis tak kandani sing koyok ngene engko kapan sampan isek sholat karo ndangak utowo sholat karo nyawang menduwur mongko sampean tak dongakno mugo-mugo pandangan sampean itu tidak bisa kembali lagi ateges yo nyawang menduwur terus gak iso mbalik normal seperti biasanya.
Dari larangan mengarahkan pandangan keatas langit saat sedang sholat dan dari ancaman Rosulullah saw terhadap orang yang sholat dengan mengarahkan pandanganya keatas langit ini berarti Rosulullah sangat marah besar terhadap prilaku sholat yang tidak diajarkan Rosulullah tapi mereka lakukan dengan kehendaknya sendiri. Berarti sholat itu tidak boleh dilakukan atas dasar kehendaknya sendiri tetapi sholat itu harus dilakukan dengan contoh contoh dari Nabi saw. Wal hasil sholat kita harus kita upayakan persis sebagaimana cara-cara Nabi sholat.
Penjelasan ini memberikan pengertian terhadap pandangan yang benar saat kita berada dalam posisi sholat. Nek kapan ono wong sholat terus pandangane ndangak oh berarti wong mau gurung ngerti aturane bab mengarahkan pandangan dalam sholat. Pandangan sholat yang benar, pandangan sholat yang diajarkan oleh Rosulullah saw engge meniko pandangan yang diarahkan ke tempat yang akan kita buat sujud. Berarti nek ngono kapan ndewek sholat nyawange utowo madepe ora oleh ndangak ora oleh lurus tapi kudu madep kearah tempat sujud masing-masing. Trus nek kapan cara pandangan sholat wis diatur sing koyok ngene berarti kita tinggal mempraktekan, memperagakan, mengamalkan dan melaksanakan seperti itu yaitu kita harus mengarahkan pandangan kita ke tempat sujud bukan keatas langit. Kiranya seperti itu maksud hadist yang saya baca semoga bisa kita fahami untuk dipraktekkan dalam sholat kita sehari-hari. Sekian trimakasih wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar