I made this widget at MyFlashFetish.com.

Rabu, 14 Januari 2015

HUKUM AIR SUMUR KETIKA KEJATUHAN BARANG NAJIS
Materi kuliah subuh ke 130 oleh bapak Muntaha,S.Ag,S.Pd


وفي رواية لأحمد وأبي داود : إنّه يستقى لك من بئر بضاعة وهي بئر تطرح فيها محايض النّساء ولحم الكلاب وعذر النّاس فقال رسول الله صلعم إنّ الماء طهور لا ينجّسه شيء
Dalam riwayat Ahmad dan Abi Dawud dikatakan: wahai Rosulullah! apakah engkau pernah diberi air sumur Budho’ah yaitu sumur yang ditempati membuang darah haid wanita, sumur yang ditempati membuang bangkai daging anjing, sumur yang ditempati membuang kotoran manusia? Lalu Rosulullah saw menjawab: ya sesungguhnya air sumur Budho’ah itu suci dan tidak dapat dinajiskan oleh kotoran-kotoran tersebut.
Penjelasan: Dospundi hukume banyu sumur lamun kecemplungan barang najis apakah airnya itu tetap suci dan bisa digunakan untuk bersuci ataukah airnya itu najis sehingga tidak bisa digunakan untuk bersuci. Menurut penjelasan hadis meniko banyu sumur senajan kecemplungan barang najis hukume tetep suci sehinggo banyu kolowau tetep saged kito gunakan untuk bersuci kadosdene berwudhu,mandi janabat mandi,mencuci, masak dll.
Pramilo sakeng meniko lamun sampean duwe sumur dadak sumur sampean kolowau kecemplungan tikus sampek tumeko tikus kolowau mati nok jerune sumur kono mongko sejanan kados mekaten banyune sumur kolowau khukume tetep suci lan saged dipun damel kangge sesuci. Mekaten ugi lamun sampean duwe sumur dadak sumur sampean kolowau kecemplungan kucing sampek tumeko kucing kolowau mati nok jerune sumur kono mongko sejanan kados mekaten banyune sumur kolowau khukume tetep suci lan saged dipun damel kangge sesuci. Contoh maleh lamun sampean duwe sumur dadak sumur sampean kolowau kecemplungan pitik utowo bebek sampek tumeko pitik lan bebek kolowau mati nok jerune sumur kono mongko sejanan kados mekaten banyune sumur kolowau khukume tetep suci lan saged dipun damel kangge sesuci.
Keterangan khukum sucinya air seperti ini dikaitkan dengan sumur budho’ah yang mana sumur budho’ah itu adalah sumur yang kecampuran dg barang najis karena kecemplungan darah haid wanita, kecemplungan batang asu, kecemplungan kotoran manusia tapi senajan kados mekaten keadaanya oleh Rosuullah saw tetap dinyatakan suci airnya dan bisa digunakan untuk bersuci. Dengan demikian apabila sumur kita kecemplungan barang najis kita tidak perlu menguras sumur itu tapi cukup dengan membuang kotoran atau cukup dengan membuang barang najis yang ada didalamnya dan selanjutnya airnya tetap suci yang bisa digunakan untuk bersuci. Kiranya seperti itu yang dimaksud hadis yang saya baca semoga bisa kita fahami. Sekian wassalam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar