HUKUM AIR SUMUR KETIKA KEJATUHAN BARANG NAJIS
Materi kuliah subuh ke 130 oleh bapak Muntaha,S.Ag,S.Pd
وفي رواية لأحمد وأبي داود : إنّه يستقى لك من بئر
بضاعة وهي بئر تطرح فيها محايض النّساء ولحم الكلاب وعذر النّاس فقال رسول الله
صلعم إنّ الماء طهور لا ينجّسه شيء
Dalam riwayat Ahmad dan
Abi Dawud dikatakan: wahai Rosulullah! apakah engkau pernah diberi air sumur
Budho’ah yaitu sumur yang ditempati membuang darah haid wanita, sumur yang
ditempati membuang bangkai daging anjing, sumur yang ditempati membuang kotoran
manusia? Lalu Rosulullah saw menjawab: ya sesungguhnya air sumur Budho’ah itu
suci dan tidak dapat dinajiskan oleh kotoran-kotoran tersebut.
Penjelasan: Dospundi
hukume banyu sumur lamun kecemplungan barang najis apakah airnya itu tetap suci
dan bisa digunakan untuk bersuci ataukah airnya itu najis sehingga tidak bisa
digunakan untuk bersuci. Menurut penjelasan hadis meniko banyu sumur senajan
kecemplungan barang najis hukume tetep suci sehinggo banyu kolowau tetep saged
kito gunakan untuk bersuci kadosdene berwudhu,mandi janabat mandi,mencuci,
masak dll.
Pramilo sakeng meniko
lamun sampean duwe sumur dadak sumur sampean kolowau kecemplungan tikus sampek
tumeko tikus kolowau mati nok jerune sumur kono mongko sejanan kados mekaten
banyune sumur kolowau khukume tetep suci lan saged dipun damel kangge sesuci. Mekaten
ugi lamun sampean duwe sumur dadak sumur sampean kolowau kecemplungan kucing
sampek tumeko kucing kolowau mati nok jerune sumur kono mongko sejanan kados
mekaten banyune sumur kolowau khukume tetep suci lan saged dipun damel kangge
sesuci. Contoh maleh lamun sampean duwe sumur dadak sumur sampean kolowau
kecemplungan pitik utowo bebek sampek tumeko pitik lan bebek kolowau mati nok
jerune sumur kono mongko sejanan kados mekaten banyune sumur kolowau khukume
tetep suci lan saged dipun damel kangge sesuci.
Keterangan khukum
sucinya air seperti ini dikaitkan dengan sumur budho’ah yang mana sumur
budho’ah itu adalah sumur yang kecampuran dg barang najis karena kecemplungan
darah haid wanita, kecemplungan batang asu, kecemplungan kotoran manusia tapi
senajan kados mekaten keadaanya oleh Rosuullah saw tetap dinyatakan suci airnya
dan bisa digunakan untuk bersuci. Dengan demikian apabila sumur kita
kecemplungan barang najis kita tidak perlu menguras sumur itu tapi cukup dengan
membuang kotoran atau cukup dengan membuang barang najis yang ada didalamnya
dan selanjutnya airnya tetap suci yang bisa digunakan untuk bersuci. Kiranya
seperti itu yang dimaksud hadis yang saya baca semoga bisa kita fahami. Sekian
wassalam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar