I made this widget at MyFlashFetish.com.

Selasa, 05 Februari 2013

Meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri diantara dada dan perut sesudah takbirotul ikhrom. Dan meletakkan keduanya pada tanah sejajar dengan pundak ketika sujud.


Bapak Muntaha, S.Ag, S.Pd

عن وائل بن حجر أنّه رأى النبيّ صلعم رفع يديه حين دخل في الصلاة كبّر. وصف همّام حيال أذنيه. ثمّ وضع يده اليمنى على اليسرى. فلمّا أراد أن يركع رفعهما ثمّ كبّر فركع. فلمّا قال: سمع الله لمن حمده: رفع يديه فلمّا سجد سجد بين كفّيه (روا ه مسلم)
Bersumber dari Wail bin Hujr, bahwa ia melihat Nabi saw mengangkat kedua tanganya ketika beliau mulai mengerjakan sholat sambil bertakbir. Hammam menjelaskan bahwa tangan Nabi diangkat sejajar dengan telinganya. Lalu beliau meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri. Ketika beliau akan rukuk beliau mengangkat kedua tanganya sambil bertakbir, lantas rukuk. Pada waktu membaca :sami Allahu liman khamidah: beliau mengangkat kedua tangan beliau. Ketika bersujud beliau bersujud diantara telapak tangan beliau. HR Muslim.

Penjelasan:
Ada beberapa pelajaran yang bisa kita ambil dari hadis tersebut diatas yaitu pelajaran seputar tatacara sholat khususnya menempatkan posisi tangan ketika takbir, menempatkan posisi tangan ketika akan rukuk, menempatkan posisi tangan ketika bangkit dari rukuk, dan menempatkan posisi tangan ketika sujud dalam sholat,
Ingnalikane Nabi Muhammad swa takbirotul ikhrom beliau membaca lafadl Allahu Akbar sambil kedua tanganya diangkat yaitu diangkat setinggi atau diangkat sejajar dengan telinganya. Pernah saya menjelaskan bahwa tangan itu diangkat setinggi atau sejajar dengan dada. Oleh karena Nabi pernah berbuat keduanya yaitu beliau mengangkat tangan setinggi atau sejajar dengan dada dan beliau juga pernah mengangkat tangan diangkat setinggi atau sejajar dengan telinga maka kita boleh memilih salah satunya. Tangan sampean sampean angkat setinggi dengan dada itu boleh, atau tangan sampean sampean angkat setinggi dengan telinga itu juga boleh. Kedua cara itu pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad saw. Sakmarine tangane Nabi diangkat banjur Nabi tangane sendakep yoiku sendakep tangan yang kanan diletakkan diatas tangan yang kiri yang posisinya persis berada ditenga-tengah antara dada dan perut. Yakni tidak terlalu keatas dan tidak terlalu kebawah pas berposisi ditengah antara dada dan perut.
Ingnalikane Nabi Muhammad saw arep rukuk banjur tangane diangkat mane sambil bertakbir Allahu Akbar yang diteruskan dengan gerakan rukuk. Pada waktu bangun atau bangkit dari rukuk Nabi Muhammad saw membaca :sami Allahu liman khamidah: yang disertai dengan mengkat kedua tangan beliau. Oleh karena itu kalau ada orang sholat yang bangun dari rukuk tau-tau tanganya tidak diangkat oh berarti orang itu belum paham tentang sholat yakni sholatnya masih asal-asalan tidak disandarkan kepada cara-cara sholat Nabi.
Ingnalikane Nabi Muhammad saw sujud beliau meletakkan kedua tanganya ditempat sujud  yang sejajar dengan pundaknya. Jadi posisi tangan pada waktu sujud bukan sejajar dengan telinga, Jadi posisi tangan pada waktu sujud bukan sejajar dengan kepala akan tetapi posisi tangan pada waktu sujud adalah sejajar dengan pundak. Itulah cara Nabi memberi contoh kepada kita dalam hal gerak-gerik sholat untuk ditiru, untuk dicontoh, dipraktekkan dan untuk diamalkan dalam sholat kita sehari-hari. Semoga sholat kita sudah seperti sholat Nabi. Amin yarobal alamin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar