I made this widget at MyFlashFetish.com.

Jumat, 22 Februari 2013

Perintah menyempurnakan rukuk dan sujud serta bersikap khusuk didalam sholat


Bapak Muntaha,S.Ag, S.Pd 
عن أنس أنّ نبيّ الله صلعم قال: أتمّوا الركوع والسجود فو الله إنيّ لأراكم من بعد ظهري إذا ما ركعتم وإذا ما سجدتم (رواه مسلم)
Bersumber dari Anas bahwa Nabiyullah saw pernah bersabda: sempurnakanlah rukuk dan sujudmu. Demi Allah sesungguhnya aku dapat melihatmu yang ada dibelakang punggungku jika kamu rukuk dan sujud. HR. Muslim

Penjelasan:
Didalam sholat itu ada gerakan sholat yang disebut dengan rukuk dan sujud. Dua gerakan ini mendapat perhatian khusus untuk diwaspadai bagi orang yang sholat. Artinya ketika kita melakukan gerakan rukuk maka didalam rukuk itu ada perintah menyempurnakan gerakanya dan ada perintah bersikap yang khusuk dalam membaca bacaan rukuk. Demikian juga ketika kita melakukan gerakan sujud maka didalam sujud itu ada perintah menyempurnakan gerakanya dan ada perintah bersikap yang khusuk dalam membaca bacaan sujud.
Tentu saja gerakan rukuk dalam sholat kita tidak bisa berbuat semau kita sendiri akan tetapi ada perintah menyempurnakan rukuk itu berarti gerakan rukuk dalam sholat itu sudah diatur dalam agama. Oleh karena itu kita harus tau ilmunya dan kemudian mengamalkanya. Sekarang bagaimana rukuk yang benar dalam sholat itu? Terkait dengan materi fiqih maka ada penjelasan bahwa gerakan rukuk yang benar dalam sholat adalah digambarkan sebagai berikut yaitu tangan yang kanan dan tangan yang kiri menyangga kedua lulut kemudian posisi punggungnya membungkuk lurus sejajar dengan kepalanya dan pandanganya melihat tempat sujud. Kemudian pada waktu membaca doa rukuk dalam posisi rukuk maka dalam agama ada perintah yaitu perintah membacanya dengan penuh kosentrasi atau membacanya dengan suasana yang khusuk. Khusuk dalam arti doanya dibaca dengan bahasa arab lalu dihayati maknanya dan pikiran kita tidak ingat kepada siapa-siapa kecuali hanya ingat kepada Allah swt.
Tentu saja gerakan sujud dalam sholat kita tidak bisa berbuat semau kita sendiri akan tetapi ada perintah menyempurnakan sujud itu berarti gerakan sujud dalam sholat itu sudah diatur dalam agama. Oleh karena itu kita harus tau ilmunya dan kemudian mengamalkanya. Sekarang bagaimana sujud yang benar dalam sholat itu? Terkait dengan materi fiqih maka ada penjelasan bahwa gerakan sujud yang benar dalam sholat adalah digambarkan sebagai berikut yaitu tangan yang kanan dan tangan yang kiri menyangga tempat sujud kemudian posisi kepala kita menyentuh tempat sujud yaitu batuknya harus menyentuh tempat sujud dan bagitu juga hidungnya harus menyentuh tempat sujud. Kemudian pada waktu membaca doa sujud dalam posisi sujud maka dalam agama ada perintah yaitu perintah membacanya dengan penuh kosentrasi atau membacanya dengan suasana yang khusuk. Khusuk dalam arti doanya dibaca dengan bahasa arab lalu dihayati maknanya dan pikiran kita tidak ingat kepada siapa-siapa kecuali hanya ingat kepada Allah swt.
Jika gerakan rukuk kita sudah sempurna. Jika gerakan sujud kita sudah sempurna. Jika bacaan rukuk kita sudah khusuk. Jika bacaan sujud kita sudah khusuk berarti sholat yang kita lakukan itu sudah sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Nabi saw ialah kita harus bisa menyempurnakan gerakan rukuk dan sujud serta berkonsentrasi dengan penuh khusuk disaat kita membaca doa rukuk dan disaat kita membaca doa sujud dalam sholat. Kiranya seperti itu yang dimaksud hadist yang saya baca semoga bisa kita fahami dan kita terapkan dalam sholat kita sehari-hari. Sekian trimmm wasalam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar