I made this widget at MyFlashFetish.com.

Sabtu, 04 April 2015

BAB DIANJURKAN MENCUCI KEDUA TANGAN SEBELUM BERKUMUR
Materi kuliah subuh ke 139 oleh bpk Muntaha, S.Ag, S.Pd


عن أوس بن أوس الثّقفيّ قال : رأيت رسول الله صلعم توضّأ فاستوكف ثلاثا أي غسل كفّيه (رواه أحمد والنّسائيّ)
Dari Aus bin Aus Ats Tsaqofi ia berkata: Aku pernah melihat Rosulullah saw berwudhu kemudian beliau mencuci kedua tanganya sebanyak tiga kali. (HR. Ahmad dan Nasai)
Penjelasan:
Hadist meniko dipun paringi judul bab dianjurkan mencuci kedua tangan sebelum berkumur. Berkumur utawi gojok meniko merupakan tindakan awal dari perbuatan berwudhu. Lah ternyata sakderenge sampean melakukan tindakan awal dalam berwudhu enggemeniko berkumur sampean meniko dipun anjuraken supados mencuci kedua tangan terlebih dahulu. Ateges tangan sampean kanan lan kiwo meniko supados sampean cuci rumiyen ping tigo lan menawi sampun dianggap bersih  baru melakukan tindakan awal dalam berwudhu enggemeniko berkumur. Ingkang dipun maksud berkumur dalam berwudhu enggemeniko memasukkan air kedalam mulut untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada didalam mulut kemudian air yang ada didalam mulut kolowau dipun disemprotkan keluar lagi hingga tiga kali.
Prilaku mencuci tangan sebelum berkumur dalam tindakan berwudhu meniko sampun dipun atur dalam ilmu fiqih kados ingkang sampun dipun contohaken deneng praktek wudhune Rosulullah saw. Rosulullah saw menawi wudhu beliau meniko mboten kasupen enggemeniko selalu mencuci kedua tanganya sebanyak tiga kali sebelum berkumur. Dari pengalaman ini maka dapat saya katakan bahwa urut-urutan berwudhu adalah langkah pertama sampean kedah maos lafadh basmalah bismillahirrohmanirrohim. Sak marine sampean moco lafadh basmalah banjur diteruskan langkah kedua enggemeniko sampean kedah mencuci kedua tangan sampean yaitu tangan yang kanan dan tangan yang kiri dicuci sebanyak tiga kali. Sak marine sampean mencuci tangan yang kanan dan yang kiri sebanyak tiga kali banjur diteruskan langkah ketiga enggemeniko sampean kedah berkumur membersihkan mulut sampean sebanyak tiga kali. Jadi untuk sementara tiga langkah itu dulu yang harus kita fahamai dan sekaligus harus kita mengerti langkah-langkah berwudhu. Untuk langkah-langkah berikutnya pean tunggu saja dalam materi kuliah subuh saya berikutnya karena materi akan disampaikan secara bersambung.
Kiranya sampai disini dulu kuliah subuh saya insya Allah kita bisa bertemu kembali pada hari jum’at mendatang. Sekian trimakasih atas perhatianya dan mohon ma’af atas segala kekurangan dari saya. Akhir kata wassalamu alaikum wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar