Bab
status sholat munfarid bisa dirubah menjadi status sholat berjamaah
عن
أنس قال كان رسول الله صلعم يصلى في رمضان فجئت فقمت خلفه وقام رجل فقام الى جنبى
ثم جاء آخرحتى كنّا رحطا فلماّ أحسّ رسول الله صلعم أنّنا خلفه تجوّزفي صلاته ثمّ
قام فدخل منزله فصلى صلاة لم يصلها عندنا فلماّ أصبحنا قلنا يارسول الله أفتنت بنا
اليلة قال نعم فذالك الذى حملنى على ماصنعت (رواه أحمد ومسلم)
Hadist
bersumber dari Anas ia berkata: Rosulullah saw pernah sholat sendirian dimalam
bulan romadhon lalu saya datang untuk mengikuti sholat dibelakang beliau. Lalu
datang lagi orang lain ikut sholat dan mengambil posisi disampingku kemudian
datang lagi yang lain sehingga kami menjadi satu barisan sholat. Ketika
Rosulullah saw merasa bahwa kami ikut sholat dibelakang beliau lalu beliau meringkas
atau mempercepat sholatnya. Kemudian Rosulullah saw masuk rumahnya untuk
melanjutkan sholat sendirian. Ketika waktu sudah pagi kami bertanya kepada beliau.
Ya Rosulullah apakah tadi malam sampean tidak mengerti kalau kami ikut sholat
dibelakang panjenengan. Rosulullah menjawab ya saya mengerti, maka itulah
sebabnya sholatku aku percepat. (HR. Ahmad dan Muslim)
Penjelasan:
pelajaran ingkang saged kito ambil sakeng hadis kolowau engge meniko ing
nalikane ulan romadhon teko pada malam harinya Rosulullah saw mendirikan sholat
yang disebut dengan sholat qiyamu romadhon atau orang islam Indonesia
menyebutnya dengan istilah sholat traweh. Pada waktu itu Rosulullah swa
melakukan sholat qiyamu romadhon tidak
dilakukan secara berjamaah tapi dilakukan secara individu ateges Rosulullah saw
sholat ijen tanpa diikuti oleh makmum. Sebab Rosulullah saw sholat sendiri
tanpa diikuti oleh makmum maka status sholat Rosulullah pada waktu itu adalah
status sholat munfarid alias sholat ijenan. Berarti Rosulullah saw status sholatnya
tidak sebagi imam tetapi status sholatnya sebagai munfarid yakni sholat yang
dikerjakan secara pribadi. Setelah sahabat Anas mengetahui bahwa Rosulullah saw
sholat qiyamu romadhon sendirian maka dirinya bergabung ikut sholat dibelakang beliau.
Bergabungnya sahabat Anas ikut sholat dibelakang Rosul itu berarti sabahat Anas
menjadikan Rosulullah saw sebagai imam dan menjadikan dirinya sebagai makmum.
Tidak lama kemudian banyak sahabat-sahabat yang lain ikut bergabung sholat
berjamaah qiyamu romadhon dibelakang Rosul sehingga menjadi satu shof atau satu
barisan sholat. Dengan demikian berarti statusnya sudah berubah dari status
sholat munfarid berubah menjadi status sholat berjamaah. Setelah Rosulullah
mengerti bahwa dibelakangnya banyak para sahabat yang ikut sholat dengan
dirinya maka Rosulullah meringkas sholatnya atau mempercepat sholatnya. Tegese
sholat sing asale dowo dirubah dadi sholat sing endek. Sholat sing asale suwe
dirubah dadi sholat sing cepet. Maksute kapan Rosulullah sholat ijen iku mesti
dowo tur suwe tapi kapan Rosulullah ngimami iku mesti diendekno utowo
dicepetno. Kadang-kadang ndewek kuwalik. Kapan sholat ijen cepet tapi kapan
ngimami didawak-dawakno. Milo nek kapan aku ngimami sholat traweh gak perlu tak
dawak-dawakno sebab hadis ini yang saya jadikan dasar hukum. Jadi prilaku Rosul
kapan sholat ijen iku dowo tur suwe tapi kapan ngimami wong liyo diringkas
ateges diperpendek atau dipercepat. Pramilo sakeng meniko kapan sampean sholat
ijen dawak-dawakno sak kuwate sampean tapi kapan sampean dadi imam ojo
dowo-dowo sing sedengan mawon. Ketika waktu sudah pagi sahabat Anas bertanya
kepada Rosul. Wahai Rosul tadi malam kami ikut sholat berjamaah dibelakang
panjenengan apakah panjenengan mengerti. Jawab Rosul yo sak ngerti-ngertine.
Anane sholatku mau bengi tak percepat soale aku ngerti nek dibelakangku ada
banyak makmum. Itulah sebabnya sholatku tidak aku perpanjang sebagaimana aku
sholat sendirian. Dari peristiwa ini memberikan pengertian kepada kita semua
bahwa status sholat munfarid bisa dirubah menjadi status sholat berjamaah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar