I made this widget at MyFlashFetish.com.

Jumat, 18 September 2020

 

Makmum sholat itu harus mengikuti komando imam sholat

عن أبي هريرة أنّ رسول الله صلعم قال إنّما جعل الإمام ليؤتمّ به فلا تختلفوا عليه فإذا كبّر فكبّروا وإذا ركع فاركعوا وإذا قال سمع الله لمن حمده فقولوا اللهم ربّنا ولك الحمد وإذا سجد فاسجدوا وإذا صلّى قائدا فصلّوا قئودا اجمعوان (متّفق عليه)

Bersumber dari Abu Huroiroh sesungguhnya Rosulullah saw bersabda: bahwasanya imam itu dijadikan untuk diikuti makmum, oleh karena itu janganlah kamu mendahuluinya. Maka ketika imam sudah bertakbir segeralah kamu ikut bertakbir dan apabila imam rukuk segeralah kamu ikut rukuk, dan apabila imam membaca sami Allahu liman hamidah maka jawablah robbana walakal hamdu. Dan apabila imam sujud segeralah kamu ikut sujud dan apabila imam sholat dengan cara duduk sholatlah kamu dengan cara duduk pula. (HR.Bukhori Muslim)

Penjelasan: Secara garis besar hadist kolowau memberi pelajaran dumateng kito sedoyo apa yang harus dilakukan oleh seorang imam sholat dan apa yang harus dilakukan oleh makmum sholat. Yang harus dilakukan oleh seorang imam sholat adalah memimpin kegiatan sholat dari awal hingga selesai dan yang harus dilakukan oleh makmum sholat adalah mengikuti komando imam sholat. Dengan demikian berarti seorang imam sholat itu mempunyai tugas penting dalam mengomando makmumnya antara lain:1. imam sholat mengomando permulaan sholat bahwa sholat sudah dimulai 2.mengomando rukuk 3.mengomando bangkit dari rukuk 4. Mengomando sujud 5. Mengomando bangkit dari sujud 6. Mengomando duduk takhiyat awal 7. Mengomando duduk takhiyat akhir 8. Mengomando penutup sholat. Semua komando tersebut disertai dengan ucapan takbir Allahu akbar kecuali komando bangkit dari rukuk dan komando penutup sholat. Komando bangkit dari rukuk imam mengucapkan sami Allahu liman hamidah dan komando penutup sholat imam mengucapkan salam assalamualaikum wr wb sebanyak dua kali kekanan dan kekiri. Semua komando imam tersebut harus diikuti oleh makmum sholat kecuali komando bangkit dari rukuk. Yaitu ketika imam mengucapkan sami Allahu liman hamidah maka makmum menjawab rabbana walakal hamdu. Disamping makmum itu harus mengikuti komando imam makmum juga harus mengikuti gerakan-gerakan imam. Jika imam sudah takbir makmum harus ikut takbir. Jika imam sudah rukuk makmum harus ikut rukut. Jika imam sudah bangkit dari rukuk makmum harus mengikutinya. Jika imam sujud sujud, bangkit dari sujud duduk takhiyat sampai dengan salam maka makmum harus selalu mengikuti ucapan dan gerakanya. Yang perlu diperhatikan disini bagi makmum sholat adalah jangan sampai makmum itu mendahului imamnya. Artinya lebih cepat dari imam itu tidak boleh begitu pula lebih lambat dari imam juga tidak boleh. Harus pas dan bersegera mengikuti segala komando imam sholat. Dalam posisi normal imam sholat pasti memimpin sholat dengan cara berdiri maka secara otomatis makmum harus ikut sholat dengan cara berdiri pula. Namun apabila ada udhur syar’i karena sebab tertentu sehingga imam sholat memimpin sholat dengan cara duduk maka secara otomatis makmum harus ikut sholat dengan cara duduk pula. Jadi kesimpulanya imam sholat itu memimpin segala aktifitas dalam sholat sedangkan makmum adalah orang yang dipimpin dalam kegiatan sholat. Nah kiranya seperti itu yang dimaksud hadist yang saya baca diatas semoga bisa kita fahami bersama untuk dipraktekan dalam ibadah kita sehari-hari. Sekian

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar