I made this widget at MyFlashFetish.com.

Sabtu, 29 Desember 2012

 Shalat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha sunnah dilakukan di lapangan bukan dimasjid

Bapak Muntaha, S.Ag, S.Pd
كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يخرج يوم الفطر والأضحي إلى المصلى ، فأول شيء يبدأ به الصلاة
“Pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, Rasulullah saw keluar menuju tempat shalat (lapangan). Pertama kali yang dikerjakan adalah melakukan shalat. " (HR Bukhari dan Muslim).
Penjelasan:
Wong islam iku duwe riyoyo loro, yoiku riyoyo idul fitri lan riyoyo idul adha. Ing naliko riyoyo idul fitri berarti wong islam harus sholat idul fitri. Lang ing naliko riyoyo idul adha berarti wong islam yo kudu sholat idul adha. Ingkang bade kulo bahas dalam kuliah subuh saya enggemeniko sholat hari raya idul fitri sebab besok hari ahad pagi kita umat islam sudah melaksanakan sholat hari raya idul fitri.
Sholat sakliyane sholat idul fitri dan idul adha kados dene sholat maghrib, sholat isyak, sholat subuh, sholat dhuhur, dan sholat asar tempat pelaksanaanya adalah di masjid. Menawi kito bade sholat maghrib berarti lungo nang masjid. Nek kapan dewek sholat isyak berarti lungo nang masjid. Semono ugo sholat isyak, sholat subuh, dhuhur dan asar tempat pelaksanaanya selelu dikerjakan didalam masjid.
Ananging menawi kito bade sholat id baik itu sholat idul fitri maupun idul adha kito mboten pergi menuju masjid tetapi pergi menuju lapangan. Itulah sunah rosul engge meniko menggunakan fasilitas lapangan untuk mengerjakan sholat idul fitri dan idul adha. Selagi mboten wonten udzur nabi muhammad saw selalu keluar pergi kelapangan ketika hendak menunaikan dua sholat yaitu sholat idul fitri dan sholat idu adha.
Alur berfikir seperti ini engge meniko diambilan dari kontek hadis tersebut diatas engge meniko Hadits itu  meunjukkan bahwa yang disunnahkan adalah melakukan shalat  Idul Fitri di lapangan. Tetapi dibolehkan juga melakukan shalat Idul Fitri  di masjid , khususnya jika ada halangan untuk melaksanakannya di lapangan, seperti hujan, tidak ada lapangan yang bisa digunakan, atau udara yang sangat dingin,
Jadi dalam posisi normal sholat maghrib isyak subuh dhuhur dan asar itu dikerjakan didalam  masjid tapi untuk sholat idul fitri dan idul adha dalam situasi normalnya dikerjakan dilapangan bukan dimasjid. Seandainya hujan atau tidak punya lapangan maka sholat idul fitri boleh dilakukan di masjid.
Dadi nek kapan wis wayae teko sholat loro yoiku sholat idul fitri dan idul adha Rosulullah keluar menuju lapangan kaperlu melaksanakan  kegiatan kedua sholat tersebut yaitu sholat idul fitri dan sholat idul adha. Trus kapan wis nok lapangan yang dikerjakan nabi pertama kali adalah sholat baru kemudian khutbah idul fitri dan idul adha dilakukan setelah sholat.
Dari sini kita dapat informasi secara jelas bahwa dasar pelaksanaan sholat idul fitri yang dilakukan dilapangan itu adalah mengacu kepada perbuatan Rosulullah swa yang mana beliau telah memberi contoh kepada kita seputar cara pelaksanaan sholat idul fitri enggemeniko bukan dilakukan dimasjid tapi dilakukan dilapangan. Pramilo sakeng meniko monggo besok hari ahad kita umat islam berbondong-bondong pergi menuju kelapangan untuk menunaikan sholat idul fitri sebagai bentuk kemenangan umat islam setelah menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh. Selama tidak hujan dan tidak ada halangan yang lainya maka tidak ragu-ragu lagi bahwa pelaksanaan sholat idul fitri itu sunah rosul adalah dilapangan. Selamat ber-idul fitri besok semoga kita menjadi suci kembali bagaikan kain putih tanpa ada noda samasekali. Sekian penjelasan saya dan trimakasih atas perhatianya.  Wassalam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar