I made this widget at MyFlashFetish.com.

Jumat, 28 Desember 2012

MEMBACA “AMIN” SETELAH SELESAI IMAM MEMBACA SURAT AL-FATEKHA
Bapak Muntaha, S.Ag, S.Pd
عن أبي هريرة أنّ رسول الله صلعم قال: إذا قال القارئ: غير المغضوب عليهم ولا الضّالّين فقال من خلفه أمين: فوافق قوله قول أهل السماء غفر له ما تقدّم من ذنبه (رواه  البخارى و مسلم)
(1)Bersumber dari Abu Huroiroh, bahwa Rosulullah saw pernah bersabda: Ketika imam membaca Ghoiril maghdluubi alaihim wa ladl dlaalien, lalu orang yang dibelakangnya (makmum) membaca Amin dan bila bacaanya itu bersamaan dengan bacaan penghuni langit maka dosanya yang telah lewat akan diampuni. (HR. Bukhori Muslim)
(2)Dari Wail bin Hujr berkata bahwa Rasulullah SAW kalau membaca Waladhdhaallin, maka beliau mengucapkan Amin dengan suara yang keras. (HR Ad-Daruquthny dengan sanad yang shahih)
(3)Dari Abu hurairah, dia berkata: "Dulu Rasulullah saw, jika selesai membaca surat Ummul Kitab (Al-Fatihah) beliau mengeraskan suaranya dan membaca amin." (HR. Imam Ibnu Hibban, dengan sanad yang shahih)
(4)"Bila Nabi selesai membaca surat Al-Fatihah (dalam sholat), beliau mengucapkan amiin dengan suara keras dan panjang." (HR. Imam Bukhari dan Abu Dawud dengan sanad yang shahih)
(5) Rasulullah saw bersabda: "Jika imam membaca amiin maka hendaklah kalian juga membaca amiin."
Penjelasan:
Hadits tersebut mensyari'atkan para imam dan makmum untuk mengeraskan bacaan amin dalam sholat. Ini berarti bahwa imam dan makmum sholat diharuskan mengeraskan suara ketika membaca amin dalam sholat berjamaah. Bacaan amin antara imam dan makmum diharapkan dibaca bersama-sama diantara keduanya. Hal ini mengisyaratkan bahwa membaca amiin itu dianjurkan bagi imam dan makmum setelah bacaaan Ghoiril maghdluubi alaihim wa ladl dlaalien. Hal ini diperkuwat dengan hadis yang artinya: "Bila imam selesai membaca ghoiril maghdhuubi 'alaihim waladhdhooolliin, maka ucapkanlah amiin karena malaikat juga mengucapkan amiin dan imam pun mengucapkan amiin. Dalam riwayat lain: "apabila imam mengucapkan amiin, hendaklah kalian mengucapkan amiin. barangsiapa ucapan aminnya itu bersamaan dengan malaikat, maka dosa-dosanya dimasa yang lalu akan diampuni." (HR. Bukhori Muslim)
Jadi pelajaran yang bisa kita ambil melalui hadist tersebut engge meniko membaca lafadl Amin setelah imam sholat membaca Ghoiril maghdluubi alaihim wa ladl dlaalien. Trus dijawab Amin. banjur sopo sing jawab Amin. Sing jawab Amin iku ono telu. Telu iku sopo wae. 1. Wong sing dadi imam sholat 2. Wong sing dadi makmum sholat 3. Para malaikat yang ada dilangit mereka juga turut serta membaca Amin. Dadi engko kapan imam iku wis moco Ghoiril maghdluubi alaihim wa ladl dlaalien mongko imam moco Amin bareng karo makmume semono ugo malaikat yo moco Amin. Lha Ing nalikane sampean moco Amin dan ternyata bacaan Amin sampean itu bersamaan dengan bacaanya para malaikat maka dosa-dosa sampean yaitu dosa yang telah lewat akan diampuni oleh Allah swt.Karena membaca Amin setelah bacaan Ghoiril maghdluubi alaihim wa ladl dlaalien itu ada jaminan pengampunan dan penghapusan dosa maka diharapkan semua imam dan makmum sholat harus secara kompak dan serentak membaca Amin dengan suara yang keras sebab tidak hanya manusia saja yang membaca Amin akan tetapi semua Malaikat juga turut serta bersama-sama membaca Amin setelah imam selesai membaca Ghoiril maghdluubi alaihim wa ladl dlaalien. Sekian penjelasan kami semoga bisa dimengerti dan diamalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar