I made this widget at MyFlashFetish.com.

Kamis, 27 Desember 2012

PUASA HARI SENEN dan KEMIS
Bapak Muntaha, S.Ag. S.Pd
عن عسامة ابن زيد قال: إنّ رسول الله صم كان يصوم يوم الإثنين ويوم الخميس فسئل عن ذالك فقال: إنّ أعمال الناس تعرض يوم الإثنين ويوم الخميس (رواه أحمد)
Dari Usamah bin Zaid ia berkata: Sesungguhnya Rosululla saw selalu berpuasa pada hari senen dan hari kamis, ketika beliau ditanya mengenai hal itu beliau bersabda: sesungguhnya amal-amal manusia diperlihatkan pada hari senen dan hari kemis.

Penjelasan:
Hadist meniko kulo fahami kados mekaten. uwong iku ono sing iso koyok nabi senajan dudu Nabi. Ono Wong biasa kados ndewek-ndewek ngeten niki ateges dudu keturunane nabi yo dudu keturunane Rosul tapi wong mau iso koyok Nabi. Sebab wong mau iso koyok nabi mongko tak anggap menarik untuk dibakhas dalam materi fiqih yang sedang saya pelajari ini. Trus uwong  mau kiro-kiro sopo banjur kepiye sing dimaksud wong mau iso koyok Nabi. Inilah sebuah ilustrasi atau gambaran tema kuliah subuh ingkang bade kulo bahas.Mboten sanes tiang kolowau engge meniko naminipun Usamah. Ternyata selama hidupnya Usamah ini berpuasa senen dan kemis yang ia lakukan secara rutinitas tanpa berhenti samasekali  walaupun ia sudah berusia lanjut namun puasa senin dan kemis tetap jalan terus bahkan sampai dirinya meninggal dunia Usamah tidak pernah neninggalkan puasa senin dan kemis. Sebab Usamah duwe amalan sing kiro-kiro wong liyo gak bakal iso nglakoni koyok awak’e mongko ono salah sinije uwong sing kepengen wero alasane opo sebabe Usama kok poso senen kemis gak tau ditinggalno sampek mati. Usamah mengapa kamu selalu berpuasa setiap hari senin dan kemis selama hidupmu? Usamah menjawab:anane aku poso senen kemis sebab Nabi Muhammad saw iku yo poso senen kemis.


Banjur Nabi Muhammad saw dipun takoni: wahai Nabi nopo sebabe sampean kok poso senen kemis trus dino sakliane dino senen kemis contone dino ahad, dino seloso, dino rebo, dino jumat, lan dino sabtu sampean kok mboten poso ateges sampean poso kok mek milih dino loro mawon engge meniko dino senen lan dino kemis. Lah lek kapan ngono berarti dino senen lan dino kemis iku dino sing duweni kelebihan dibanding dino-dino liyane. Saiki kiro-kiro opo Nabi kelebihane dino senen lan dino kemis niku sehinggo panjenengan rutin melakukan puasa pada kedua hari tersebut.

Banjur Rosulullah saw memeberikan jawaban: hari senen dan hari kemis adalah hari yang mulya maka saya ingin memulyakanya dengan cara berpuasa pada kedua hari itu karena besok pada hari kiamat rekaman vidio amal perbuatan manusia akan direstart atau akan diputar kembali oleh Allah swt untuk ditunjukkan dan diperlihatkan kepada pelakunya itu terjadi pada hari senen dan hari kemis. Sehingga pada hari kiamat uwong iku podo kemecer ngenteni dino loro iku yoiku dino senen lan dino kemis kaperlu kepengen ngeweroi rekaman vidio amale dewe-dewe.

Nek ngono berarti sing sopo wonge metu songko ulan romadhon banjur gelem nerusno posoe setiap dino senen lan dino kemis mongko wong iku mau podo wae karo senajan dudu nabi tapi iso koyok nabi jalaran poso senen kemis adalah sunah Rosul ingkang menawi dipun terapkan dalam perilaku kehidupan sehari-hari maka bahasa saya adalah besok pada hari kiamat orang itu akan diberi leptop oleh Allah swt untuk melihat rekaman vidio amal kebajikanya semasa ia hidup didunia yang selalu bisa ia akses setiap hari senen dan hari kemis. Maka berbahagialah bagi orang islam yang punya amalan puasa senen dan kemis sebab dengan amalan tersebut besok pada hari kiamat bisa menjelma menjadi sebuah rekaman vidio amal kebajikanya. Kiranya seperti yang dimaksud hadist yang saya baca semoga bisa kita amalkan. Sekian trimakasih wassalam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar