I made this widget at MyFlashFetish.com.

Minggu, 20 Januari 2013

HARUS BERTAKBIR SETIAP KALI TURUN DAN BANGUN DALAM SHOLAT


Bapak Muntaha, S.Ag, S.Pd
 
عن أبى سلمة أن أبا هريرة كان يكبر في الصلاة كلما رفع ووضع. فقلنا يا أبا هريرة ما هذا التكبير؟ قال إنها لصلاة رسول الله صلعم (رواه بخارى ومسلم)

Setiap kali kita turun dan bangun dalam sholat kita diharuskan bertakbir kecuali bangun dari rukuk maka yang kita baca adalah “samiallahu liman khamidah”

Penjelasan:
Didalam sholat ada beberapa kali turun dan ada beberapa kali bangun. Coba kita hitung. Turun pertama ketika mau rukuk dan turun kedua ketika mau sujud. Bangun pertama ketika bangun dari rukuk dan bangun kedua ketika bangun dari sujud. Maka setiap gerakan turun dan bangun dalam sholat kita diharuskan membaca takbir “Allahu Akbar”. Begitu pula setiap gerakan bangun kita juga diharuskan membaca takbir “Allahu Akbar”.
Jadi hampir semua gerakan dalam sholat itu dibarengi dengan ucapan takbir kecuali gerakan bangun dari rukuk bukan ucapan takbir tapi ucapan “samiallahu liman khamidah” dan penutup sholat bukan dengan takbir tapi dengan salam “assalamu’alaikum wr.wb.”. begitulah cara Rasulullah saw sholat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar