I made this widget at MyFlashFetish.com.

Jumat, 18 Januari 2013

Ancaman bagi makmum yang mendahului imam


Bapak Muntaha, S.Ag, S.Pd

عن أبي هريرة رضي الله عنه أنّ رسول الله صلعم قال : أما يخشى الّذي يرفع رأسه قبل الإمام أن يحوّل الله رأسه رأس حمار (متفق عليه)
Dari Abu Huroiroh bahwa Rosulullah saw bersabda: tidak takutkah orang yang mengangkat kepalanya mendahului imam. Bahwa Allah akan mengubah kepalanya menjadi kepala keledai. (HR. Muttafaqun Alaihi)

Penjelasan:
Pada hari Sabtu yang lalu kuliah subuh kulo… meniko nerangaken bab masalah “makmum mboten angsal disik’i imam”. Penjelasan kulo ingkang kados mekaten kolowau tibak’e wonten tiang sakeng kalimantan lan wonten tiang sakeng Jakarta takon dumateng kulo. Takone wonten ing internet jalaran kuliah subuh kulo meniko kulo lebetaken internet. Sing teko Kalimantan takone kados mekaten. Ustadz ! seandainya ada makmum yang mendahului imam kira-kira hukumanya seperti apa? Maka saya jawab: menurut sebuah riwayat barang siapa yang sholatnya mendahului imam maka besok pada hari kiamat kepalanya akan diganti dengan kepala keledai. Kemudian yang dari Jakarta nyambung bertanya, Ustadz! Saya tidak mengerti keledai tolong jelaskan. Maka saya jawab. Keledai yaitu binatang sejenis khimar atau binatang sejenis kuda.
Hadist meniko maringi gambaran bele nek kapan sembahyang banjur gak diilmuni iku iso-iso kenek ancaman. Trus ancamane gak nanggung-nanggung. Yoiku ndas ndewek bakal diganti karo ndase khimar. Lha supoyo ndas ndewek gak sampek diganti karo ndas khimar maka sholat kita harus kita lakukan dengan cara yang benar. Orang yang bisa melakukan sholat dengan cara yang benar adalah orang yang mengetahui ilmunya sholat. Lha supaya kita mempunya ilmunya sholat tidak lain jalanya adalah dengan mau mengaji seperti ini.
Kesimpulan dari hadits ini :
1.    Agama islam melarang kita melakukan praktek sholat yang dilakukan dengan cara yang salah yakni sholat yang dilakukan dengan mendahului imam, kalau itu sampai terjadi maka hukumnya haram dan sangsinya kepalanya akan diganti dengan kepala khimar
2.    Karena ada peringatan yang keras semacam itu maka kita harus berhati-hati dalam melakukan sholat yaitu kita wajib mengikuti gerakan imam didalam shalat dan jangan sampai kita mendahului gerakanya.
3.    Jadi seorang makmum yang mendahului gerakan imam maka orang itu akan diancam oleh Allah swt yaitu akan diubah rupanya dengan rupa seekor keledai. Mengapa kok keledai kok tidak lainya.  Karena keledai itu binatang yang bodoh. Dan barang siapa yang sholatnya mendahului imam maka orang itu berarti orang bodoh seperti binatang keledai. Seandainya orang itu tidak bodoh tentu tidak akan mendahului imam karena mendahului imam itu tidak ada gunanya dan tidak ada faedahnya serta perbuatan itu merupakan larangan keras yang harus kita jauhi dan kita tinggalkan. Semoga sholat kita sudah benar sesuai dengan aturan sholat yang sudah dicontoi oleh Rosulullah saw. Sekian trim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar