I made this widget at MyFlashFetish.com.

Sabtu, 05 Januari 2013

MAKMUM HARUS MENGIKUTI IMAM


Bapak Muntaha,S.Ag, S.Pd

عن الزّهريّ قال: سمعت أنس بن مالك يقول سقط النبيّ صلعم عن فرس فجحش شقّه الأيمن فدخلنا عليه نعوده. فحضرت الصّلاة فصلّى بنا قائدا فصلّينا وراءه قعودا. فلمّا قضى الصّلاة قال: إنّما جعل الإمام ليؤتمّ به. فإذا كبّر فكبّروا وإذا سجد فاسجدوا وإذا رفع فارفعوا وإذا قال سمع الله لمن حمده فقولوا ربّنا ولك الحمد. وإذا صلّى قائدا فصلّوا قعودا أجمعون (رواه بخاريّ ومسلم)
Bersumber dari Zuhri ia berkata: Aku mendengar Anas bin Malik berkata: Nabi saw pernah jatuh dari kuda sehingga lambung beliau yang kanan robek. Kami menjenguk beliau. Ketika tiba waktu sholat beliau sholat bersama kami dengan duduk dan kami sholat dibelakang beliau dengan duduk pula. Setelah menyelesaikan sholat beliau bersabda: sesungguhnya seseorang dijadikan imam itu agar ia diikuti. Jadi apabila ia bertakbir bertakbirlah, apabila ia sujud sujudlah, apabila ia bangun dari rukuk bangunlah dari rukuk, apabila ia membaca “ samiallahu liman hamidah” bacalah “rabbana walakal hamdu” dan jika ia sholat dengan duduk maka sholatlah kamu dengan duduk pula. HR. Bukhori dan Muslim (diambil dari kitab tarjamah shokhe bukhori hal. 510-511)

Penjelasan:
Nabi Muhammad saw pada situasi dan kondisi tertentu itu persis seperti manusia pada umumnya. Apabila orang lain bisa terjadi kecelakaan maka Nabi Muhammad saw juga bisa terjadi kecelakaan. Disini dijelaskan bahwa Nabi Muhammad saw pernah kecelakaan yaitu jatuh dari kudanya sehingga menyebabkan lambung beliau yang kanan robek. Pada saat Nabi Muhammad kena musibah yang semacam itu para sahabat berbondong-bondong banyak yang menjenguk beliau. Ketika waktu sholat datang Rosulullah saw mengajak para sahabatnya sholat berjamaah yakni Rosulullah saw yang menjadi imam sedang para sahabat yang menjadi makmum. Oleh karena kondisi Rosulullah dalam keadaan sakit akibat kecelakaan jatuh dari kuda maka beliau tidak bisa ngimami sholat dengan berdiri tapi beliau ngimami sholat dengan cara duduk. Sebab Rosulullah sholat dengan cara duduk maka para sahabat juga ikut sholat dengan cara duduk pula. Setelah salam lalu beliau bersabda: sesungguhnya imam itu dijadikan untuk diikuti ateges imam iku kudu diikuti. Diikuti apane? Yaitu diikuti dalam bebera hal :
1.    Jika imam takbir maka makmun harus segera mengikuti takbir
2.    Jika imam sujud maka makmum harus segera mengikuti sujud
3.    Jika imam bangun dari rukuk maka makmum harus segera mengikuti bangun dari rukuk
4.    Jika imam membaca “ samiallahu liman hamidah” maka makmum harus membaca “ rabbana walakal hamdu”
5.    Jika imam salam maka makmum harus segera ikut salam
6.    Jika imam ngimami sholat dengan cara berdiri maka makmum harus ikut sholat dengan cara berdiri pula.
7.    Jika imam ngimami sholat dengan cara duduk maka makmum harus ikut sholat dengan cara duduk pula.
Seperti itulah tata cara sholat yang dicontoi oleh Rosulullah saw untuk kita praktekkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar