Memperpendek Khutbah dan Memperpanjang Shalat
Bapak Muntaha,S.Ag,S.Pd
عن عمر ابن
ياسير قال أنّه سمع رسول الله صم قال
إنَّ طُولَ
صَلاَةِ الرَّجُلِ وَ قَصْرَ
خُطْبَتِهِ مَئِنَّةٌ مِنْ فَقْهَهِ
فَأطِيلُوا
الصَّلاَةَ وَاقْصُرُوا
الْخُطْبَةَ, وَإنَّ مِنَ
الْبَيَانِ لَسِحْرًا
Dari Ammer bin Yasir ia berkata bahwa beliau mendengar
Rosulullah saw bersabda:“Sesungguhnya panjangnya shalat seseorang dan pendeknya
khutbah merupakan tanda kedalaman fiqihnya. Perpanjanglah shalat, perpendeklah
khutbah, dan di antara al-bayan (penerangan) itu adalah sihir. (HR. Muslim)
Penjelasan:
Rosulullah saw kapan khutbah jum’at banjur ngimami
sholat jum’at kiro-kiro dowo khutbae opo dowo sholate? Berdasarkan hadist
ingkang kulo waos kolowau kito saged semerap bele Rosulullah saw kapan khutbah
jumat kok coro lamun diukur antarane khutbah lan sholate itu ternyata sholatnya
lebih panjang dari pada khutbahhnya. Ateges khutbahe Rosulullah iku luwih endek
katimbang sholate. Umpomo khutbahe Rosulullah iku 15 menit berarti sholate 20
menit. Umpomo khutbahe Rosulullah iku 20 menit berarti sholate 25 menit. Iki
ateges sholatnya lebih panjang 5 menit dibandingkan dengan khutbahnya. Mongko
nganggo ukuran ngene iki sing dimaksud sholate Rosulullah luwih dowo katimbang
khutbae. Dalam kata yang lain khutbae Rosulullah iku luwih endek katimbang
sholate.
Ketika Kiyai saya
menerangkan hadist ini saat itu saya masih duduk dibangku kelas 1
Aliyah. Banjur kolo ngacung dengan mengangkat tangan untuk bertanya kepada sang
Kiyai. Sholate Rosulullah iku luwih dowo katimbang khutabae utowo khutbae
Rosulullah iku leibh endek katimbang sholate kiro-kiro dowoe iku sepiro sholate
Rosulullah naliko ngimami sholat juma’t lan kiro-kiro endek’e iku sepiro naliko
Rosulullah khubah juma’t sebab roto roto yang terjadi praktek dimasyarakat
khutbae iku luwih dowo katimbang sholate. Khutbae 30 menit trus sholate paling2
hanya 10 menit. Berarti coro sing koyok ngene iki terbalik dengan prilaku Nabi
ialah Nabi sholatnya yang panjang kemudian khutbahnya yang pendek.
Banjur kiyai menjawab pertanyaan saya. Nek kapan
kepingin wero sepiro dowoe sholate Nabi naliko ngimami sholat juma’t mongko
rokaat pertama setelah membaca surat Al-fatekha lalu Rosulullah membaca surat
al-ghosiyah. Banjur rokaat kedua setelah membaca surat Al-fatekha lalu Rosulullah
saw membaca surat Al-A’la. Ngimami sholat jum’at nganggo totocoro ingkang kados
mekaten mongko udokoro atau kurang lebihnya butuh waktu 15 menit. Lah nek kapan
sholate butuh waktu 15 menit berarti khutbae kudune luwih endek songko 15
misalnya 10 menit. Banjur iso ta kiro-kiro nerapno khutbahe 10 menit terus
sholate 15 menit. Trus lamun gak iso nerapno banjur kiro-kiro kepiye sing
dimaksud dawakno sholate endekno khutbae . pertanyaan saya berikutnya kepada
sang Kiyai. Kiyai menjawab: sing dimaksud khutbah sing endek yoiku khutbah sing
ringkes, khutbah sing singkat, padat tepat sasaran dan mengena serta tidak
nglantur dan tidak menyimpang.
Dari penjelasan ini dapat saya simpulkan. Nek ngono
berarti kapan ono wong khutbah 30 menit isek durung mari trus dalil sing diwoco
terlalu banyak maka berarti orang itu pemahaman fiqihnya masih kurang pas
karena Rosulullah nyata-nyata memberi kiblat kepada umatnya masalah urusan
khutbah dan sholat jumat ialah khutbahnya harus lebih pendek dibanding dengan
sholatnya. Supaya khutbah kita bisa pendek maka dalilnya cukup satu saja dijelaskan
kemudian selesai. Jika khutbah kita terlalu panjang maka bisa memicu kepada
pendengar yaitu menjadi pendengar yang cenderung mengantuk. Mungkin atas dasar
itu banjur Rosulullah saw memendekkan khutbahnya. Seperti itulah kiranya yang
dimaksud hadist yang saya baca diatas. Sekian...trim wasslam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar