I made this widget at MyFlashFetish.com.

Rabu, 12 Agustus 2015

BAB BACAAN DOA SESUDAH WUDHU
Materi kuliah subuh ke 146 oleh bpk Muntaha,S.Ag,S.Pd


عن عمر بن الخطّاب قال : قال رسول الله صلعم ما منكم من أحد يتوضّأ فيسبغ الوضوء ثمّ يقول أشهد أن لا إله إلاّ الله وحده لا شريك له وأشهد أنّ محمّدا عبده ورسوله إلاّ فتحت له أبواب الجنّة الثّمانية يدخل من أيّها شاء (رواه أحمد ومسلم وأبو داود)
Dari Umar bin Khottab ia berkata: Rosulullah saw bersabda: tidak seorangpun diantara kamu yang berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya kemudian membaca doa yang artinya aku mengakui bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah yang maha esa yang tidak ada sekutu baginya dan aku mengakui bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad adalah hambanya dan utusanya kecuali mesti dibukakan untuknya pintu-pintu surga yang delapan yang ia akan masuk dari mana ia menghendaki. HR. Ahmad,Muslim dan Abu Dawud.
Penjelasan: pelajaran ingkang saged kito ambil sakeng hadis kolowau engge meniko kito dipun perintah membaca doa saksampunipun kito selesai mengerjakan wudhu. Lajeng kulo mikir oh nek ngono berarti tiang islam sak dunyo  seben2 mantun wudhu itu ada kewajiban membaca doa yang dibaca dengan bahasa yang sama yaitu bahasa arab. Misalnya orang islam jepang setelah wudhu doa yang dibaca sama dengan yang dibaca oleh orang islam diseluruh dunia. Sebab bahasa agama adalah bahasa arab maka siapapun orangnya dari mana asal negaranya harus memaksakan diri bisa berbahasa arab dalam kontek ibadah khususnya ibadah sholat termasuk wudhu ateges doa-doa yang dibaca dalam sholat dan wudhu tidak boleh diganti dengan bahasa lain selain bahasa arab. Kabeh wong islam gak pandang bulu sugeh kere bodo pinter kedeh cilik cino londo kudu apal dongo sing kudune diwoco saben2 mari wudhu. Isnya Allah dongo sak marine wudhu meniko mboten enten perselihan sedoyo ulamak sepakat setelah wudhu membaca doa:
أشهد أن لا إله إلاّ الله وحده لا شريك له وأشهد أنّ محمّدا عبده ورسوله
اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَجْعَلْنَيْ مِن عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ
Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang menyekutukanNya. Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku orang yang ahli bertobat, jadikanlah aku orang yang suci, dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang saleh.
Itulah inti bacaan yang harus dibaca setiap selesai berwudhu oleh orang islam diseluruh dunia. Doa ini minimal dibaca 5X sehari semalan yaitu wudhu sholat subuh,wudhu sholat dhuhur, wudhu sholat asar, wudhu sholat maghrib, dan wudhu sholat isyak. Mudah2han kita mengamalkanya amin yarobbal alamin. Sekian wasalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar