I made this widget at MyFlashFetish.com.

Rabu, 12 Agustus 2015

Bab mengusap seluruh kepala dalam berwudhu


Materi kuliah subuh ke 142 oleh bpk Muntaha,S.Ag,S.Pd
عن عبد الله بن زيد أنّ رسول الله صلعم مسح رأسه بيديه فأقبل بهما وأدبر بدأ بمقدّم رأسه ثمّ ذهب بهما إلى قفاه ثمّ ردّهما إلى المكان الّذي بدأ منه (رواه الجماعة)
Bersumber dari Abdillah bin Said bahwa Rosulullah saw mengusap kepalanya dengan dua tanganya lalu ia menjalankan kedua tanganya kebelakang dan mengembalikanya kedepan yaitu ia mulai dari depan kepalanya kemudian menjalankan kedua tangganya ketengkuknya lalu mengembalikan kedua tanganya tadi ketempat dimana ia memulai (HR. Jamaah)
Penjelasan: Hadis meniko maringi pelajaran dumateng kito engge meniko maringi pelajaran bab masalah mengusap kepala dan cara-cara mengusapnya dalam tindakan berwudhu. Menawi sampean berwudhu sampean mesti dipun wajibaken mengusap kepala sampean. Pramilo sakeng meniko sampean kedah mengerti ping piro kepala sampean meniko kedah dipun usap lan ugi sampean kedah mengerti kados pundi carane mengusap kepala dalam berwudhu. Kanggo madakno wudhu kito dengan wudhune Rosulullah khususe dalam hal mengusap kepala maka mengaji pada pagi ini menjadi bagian yang sangat penting khususipun dalam memahami tentang cara mengusap kepala dalam berwudhu. Mengapa masalah ini saya anggap penting? Karena dalam mengusap kepala itu ada dua pendapat dan inilah yang disebut dengan masalah khilafiyah dalam urusan berwudhu.
Pendapat pertama mengatakan bahwa kepala yang diusap dalam berwudhu meniko cuman sebagian dari rambut saja. Kalau mengacu kepada pendapat ini berarti tidak perlu mengusap seluruh rambut kepala ketika berwudhu. Yang kami ikuti,yang kami yakini,dan yang kami terangkan disini bukan pendapat yang pertama tapi pendapat yang kedua yang mengatakan bahwa kepala yang diusap dalam berwudhu meniko sedoyo rambut mulai dari rambut depan sampai dengan rambut belakang. Sehinggo sedoyo rambut kito meniko kedah kito usap sampai merata dengan menggunakan air wudhu. Adapun caranya mengusap rambut kepala enggemeniko kito mulai dari depan kepala lajeng kito usap berjalan kebelakang setelah itu kita kembalikan kedepan kepala lagi. Seperti itulah cara Rosulullah mengusap kepala dalam berwudhu yang dicerminkan dalam hadis yang sedang kita pelajari pada pagi hari ini. Menawi wonten tiang berwudhu banjur piyambak’e kolowau mengusap kepala hanya sebagian rambutnya saja itu saya tidak menyalahkan karena perbuatan ini masalah khilafiyah. Tapi khusus pribadi saya menawi mengusap kepala dalam berwudhu meniko sedoyo rambut kulo meniko kulo usap mulai dari depan hingga kebelakang dan dikembalikan kedepan lagi. Seperti itulah cara Rosulullah mengusap kepala dalam berwudhu yaitu beliau mengusap seluruh kepalanya hingga seluruh rambut kepala itu bisa terkana air. Sekian  semoga bisa kita fahami untuk dipraktekkan dalam ibadah kita. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar