I made this widget at MyFlashFetish.com.

Rabu, 12 Agustus 2015

Orang yang sholeh selalu bangun malam untuk sholat tahajut
Materi kuliah subuh ke 150 oleh bpk Muntaha,S.Ag,S.Pd


وعن ابن عبّاس قال: بتّ عندخالتى ميمونة فقام رسول الله صلعم فقمت إلى جنبه الأيسر فأخذ بيدي فجعلنى من شقّه الأيمن فجعلت إذا أغفيت يلخذ بشخمة أذني قال فصلّى إحدى عشرة ركعة (رواه مسلم)
Bersumber dari Ibnu Abbas ia berkata: aku pernah bermalam dirumah bibikku Maimunah lalu Rosulullah saw sholat malam maka akupun ikut sholat malam disebelah kirinya. Lalu ia memegang tanganku kemudian memindahkan aku disebelah kananya, maka apabila aku mengantuk ia memegang daun telingaku. Ibnu Abbas berkata: lalu Nabi saw sholat malam sebanyak sebelas rokaat. (HR.Muslim)
Penjelasan:Ibnu Abbas nate crito yoiku nyritakno pengalamane waktu ndewekne turu nginep wonten ing daleme Rosulullah saw. Nalikane aku nglilir songko turuku kiro-kiro jam 3 bengi eh ternyata Rosulullah saw sudah bangun terlebih dahulu untuk melakukan sholat malam. Pada waktu Rosulullah saw sudah mulai sholat malam aku segera ikut bergabung sholat berjamaah bersama beliau. Waktu niku Ibnu Abbas rodok bingung. Aku iki ngambil poisi nek siseh kirowoe Rosulullah opo ngambil posisi nek mburine Rosulullah opo ngambil posisi nek siseh tengene Rosulullah. Karena aku belum tau ilmunya wes nekat wae mengambil posisi disebelah kiri Rosulullah. Barang Rosulullah ngerti aku ngadek nek siseh kiwoe tanganku langsung dicekel terus dipindah disebelah kanan beliau. Lho lak iyo temen berarti ndewek ragu-ragu mau wes terjawab sing bener iku posisi makmum berada disebelah kanan imam.  Dan ketika aku ngantuk daun telingaku dipegang oleh beliau. Lalu Rosulullah saw melanjutkan sholat malam sebanyak 11 rokaat. Dari kisah ini ada 6 ilmu yang bisa kita praktekkan dalam ibadah kita. 1.setiap sepertiga malam antara jam 3 sampai sebelum subuh kita harus bangun untuk melakukan sholat tahajut.  2.baik didalam bulan romadhon maupun diluar bulan romadhon Rosulullah saw selalu sholat malam sebanyak 11 rokaat.3.sholat malam itu boleh dilakukan secara berjamaah yakni ada yang jadi imam dan ada yang jadi makmum.4.sholat berjamaah jika makmumnya hanya seorang maka posisi makmum tidak boleh disamping kiri imam, atau posisi makmum juga tidak boleh dibelakang imam tapi posisi makmum harus disebelah kanan imam.5.dalam keadaan sholat kita tidak boleh ngomong apapun kecuali mengucap doa doa sholat.6. dalam keadaan sholat kita tidak boleh mengantuk karena dalam sholat kita butuh kosentrasi penuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar