I made this widget at MyFlashFetish.com.

Rabu, 12 Agustus 2015

Bab menyentuh perempuan apakah membatalkan wudhu ataukah tidak
Materi kuliah subuh ke 148 oleh bpk Muntaha.S.Ag,S.Pd


عن عائشة قالت: إن كان رسول الله صلعم ليصلّى وإنّى لمعترضة بين يديه إعتراض الجنازة حتّى إذا أراد أن يوتر مسّنى برجله (رواه النّسائىّ)
Bersumber dari Aisyah ia berkata: Kalau Rosulullah saw sedang sembahyang sedangkan aku tidur melintang dihadapanya sebagaimana melintangnya jenazah sehingga ia bermaksud sembahyang witir maka ia menyentuh dengan kakinya. HR.Nasai
Penjelasan:
Materi ingkang dipun bahas injeng meniko engge meniko bahas persoalan2 ingkang saged yebabno batale wudhu ndewek. termasuk bojo lanang jemok bojo wedok apakah menyebabkan wudhunya itu batal ataukah tidak. Bojo lanang nyenggol bojo wedok apakah menyebabkan wudhunya itu batal ataukah tidak. Bojo lanang ngambung bojo wedok apakah menyebabkan wudhunya itu batal ataukah tidak. Ini persoalan fiqih yang amat sangat penting untuk pean mengerti dalam rangka supaya mantap menjalankan ibadah tidak ragu-ragu. Didalam alqur’an ada firman Allah yang berbunyai aulaamastumun nisak. Artinya nek kapan siro iku jemok wong wedok mongko wudhune siro iku batal. Atas dasar firman Allah ini maka muncul dua pendapat. Pendapat pertama meyakini bahwa jemok wong wedok iku batal sebab niku sholate gak sah nek kapan gak baleni wudhu mane. Lejeng pendapat ingkang kedua juga meyakini  bahwa jemok wong wedok iku boten batal sebab niku sholate tetep sah senajan boten baleni wudhu male. Nopo sebape qur’ane podo fahame kok boten podo. Sebab mengartikan kata aulamastum yang artinya menyentuh itu diartikan berbeda.bagi pendapat yang pertama sing dimaksud menyentuh yo berarti menyentuh secara fisik. Bagi pendapat yang kedua sing dimaksud menyentuh itu bukan menyetuh secara fisik tapi menyentuh itu diartikan bersetubuh sehingga menyentuh biasa itu tidak menyebabkan  batal wudhu kecuali kalau bersetubuh baru wudhunya itu batal. Dasar yang digunakan oleh pendapat yang kedua ini adalah hadist yang saya baca pada pagi hari ini. Yaitu Nabi sholat malam lalu beliau menyentuh istrinya tapi beliau terus meneruskan sholatnya oh nek ngono berarti yo jemok wong wedok iku gak batal buktine nabi yo gak wudhu mane padahal mari nyenggol bojone.
Ini namanya persoalan khilafiyah dalam agama. Bagi yang punya faham jemok wong wedok batal wudhune monggo diamalno. Bagi yang punya faham jemok wong wedok ora batal wudhune monggo diamalno. Keduanya harus saling menghormati tidak boleh saling menyelahkan karena ini adalah ilmu yang keduanya mengambil sumber dari sumber aslinya yaitu alqur’an dan hadis. Bagi saya pribadi mengambil faham yang kedua engge meniko jemok wong wedok gak sampek nyebabno batale wudhu tapi nek kapan wes wudhu luwih apik gak jemok wong wedok sehinggo slamet. Kiranya itu yang dimaksud hadis yang saya baca semoga bermanfaat. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar