Bab menyentuh perempuan apakah membatalkan wudhu ataukah tidak
Materi kuliah subuh ke 148 oleh bpk Muntaha.S.Ag,S.Pd
عن عائشة قالت: إن كان رسول الله صلعم
ليصلّى وإنّى لمعترضة بين يديه إعتراض الجنازة حتّى إذا أراد أن يوتر مسّنى برجله
(رواه النّسائىّ)
Bersumber
dari Aisyah ia berkata: Kalau Rosulullah saw sedang sembahyang sedangkan aku
tidur melintang dihadapanya sebagaimana melintangnya jenazah sehingga ia
bermaksud sembahyang witir maka ia menyentuh dengan kakinya. HR.Nasai
Penjelasan:
Materi
ingkang dipun bahas injeng meniko engge meniko bahas persoalan2 ingkang saged
yebabno batale wudhu ndewek. termasuk bojo lanang jemok bojo wedok apakah
menyebabkan wudhunya itu batal ataukah tidak. Bojo lanang nyenggol bojo wedok
apakah menyebabkan wudhunya itu batal ataukah tidak. Bojo lanang ngambung bojo
wedok apakah menyebabkan wudhunya itu batal ataukah tidak. Ini persoalan fiqih
yang amat sangat penting untuk pean mengerti dalam rangka supaya mantap
menjalankan ibadah tidak ragu-ragu. Didalam alqur’an ada firman Allah yang
berbunyai aulaamastumun nisak. Artinya nek kapan siro iku jemok wong wedok
mongko wudhune siro iku batal. Atas dasar firman Allah ini maka muncul dua
pendapat. Pendapat pertama meyakini bahwa jemok wong wedok iku batal sebab niku
sholate gak sah nek kapan gak baleni wudhu mane. Lejeng pendapat ingkang kedua
juga meyakini bahwa jemok wong wedok iku
boten batal sebab niku sholate tetep sah senajan boten baleni wudhu male. Nopo
sebape qur’ane podo fahame kok boten podo. Sebab mengartikan kata aulamastum
yang artinya menyentuh itu diartikan berbeda.bagi pendapat yang pertama sing
dimaksud menyentuh yo berarti menyentuh secara fisik. Bagi pendapat yang kedua
sing dimaksud menyentuh itu bukan menyetuh secara fisik tapi menyentuh itu
diartikan bersetubuh sehingga menyentuh biasa itu tidak menyebabkan batal wudhu kecuali kalau bersetubuh baru
wudhunya itu batal. Dasar yang digunakan oleh pendapat yang kedua ini adalah
hadist yang saya baca pada pagi hari ini. Yaitu Nabi sholat malam lalu beliau
menyentuh istrinya tapi beliau terus meneruskan sholatnya oh nek ngono berarti
yo jemok wong wedok iku gak batal buktine nabi yo gak wudhu mane padahal mari
nyenggol bojone.
Ini
namanya persoalan khilafiyah dalam agama. Bagi yang punya faham jemok wong
wedok batal wudhune monggo diamalno. Bagi yang punya faham jemok wong wedok ora
batal wudhune monggo diamalno. Keduanya harus saling menghormati tidak boleh
saling menyelahkan karena ini adalah ilmu yang keduanya mengambil sumber dari
sumber aslinya yaitu alqur’an dan hadis. Bagi saya pribadi mengambil faham yang
kedua engge meniko jemok wong wedok gak sampek nyebabno batale wudhu tapi nek
kapan wes wudhu luwih apik gak jemok wong wedok sehinggo slamet. Kiranya itu
yang dimaksud hadis yang saya baca semoga bermanfaat. Amin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar